Tercatat lebih dari 1,6 miliar penduduk dunia, dan akan terus bertambah, yang menggunakan Instagram secara aktif. Bayangkan keuntungannya bagi perusahaan seandainya separuh saja dari jumlah ini melihat profil bisnis di Instagram. Itulah sebabnya Anda perlu menyusun strategi Instagram marketing AMDK.
Instagram marketing memberikan kemampuan kepada perusahaan untuk mendapatkan jangkauan yang sangat luas. Namun, untuk bisa mendapatkan hasil yang sesuai keinginan, Anda tidak bisa asal mengunggah foto ataupun video. Pahami strategi marketing jualan di Instagram seperti uraian di bawah ini.
Table of Contents
4 Jenis Strategi Instagram Marketing AMDK
Strategi Instagram marketing untuk air minum dalam kemasan (AMDK) adalah cara pemasaran dengan mempromosikan merek perusahaan di platform Instagram. Instagram membantu menghubungkan perusahaan dengan sejumlah besar audiens, meningkatkan brand awareness, dan pada akhirnya dapat menaikkan angka penjualan.
Agar akun Instagram bekerja dengan baik, Anda perlu membuat konten yang relevan dengan follower yang sudah ada. Hal ini harus dilakukan secara konsisten sembari mendapatkan follower baru. Berikut adalah beberapa langkah strategi Instagram marketing pdf yang berguna bagi perkembangan bisnis air minum dalam kemasan (AMDK):
Pergunakan Akun Bisnis
Strategi Instagram marketing untuk AMDK mewajibkan perusahaan untuk memiliki akun bisnis, bukan akun pribadi. Akun bisnis memberi Anda fitur istimewa yang tidak dapat Anda akses jika menggunakan akun pribadi. Berikut adalah keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari akun bisnis:
- Profil Instagram bisnis memiliki perbedaan dengan akun pribadi, di mana Anda bisa menambahkan label produk AMDK yang spesifik.
- Profil bisnis akan menampilkan informasi kontak, seperti alamat email, nomor telepon, dan alamat perusahaan. Hal ini sangat penting dalam strategi pemasaran air minum dalam kemasan karena membantu audiens untuk menghubungi bisnis Anda.
- Profil Instagram bisnis memiliki tombol ‘call to action’ di mana audiens dapat mengklik tombol kontak untuk menghubungi Anda langsung dari halaman Instagram.
- Anda dapat mengakses ‘Insight’, yaitu sebuah fitur di Instagram yang dapat menganalisa dan memberikan data tentang tayangan dan jangkauan postingan Instagram.
- Akun bisnis memiliki akses ke Instagram Ads, ini adalah strategi pemasaran air mineral di mana Anda dapat membuat dan memposting iklan di Instagram.
Strategi Instagram Marketing AMDK, Membuat Desain Konten yang Menarik
Konten teks dan visual adalah bagian penting strategi marketing amdk di media sosial, terutama Instagram. Platform ini menyediakan berbagai format konten dengan desain yang menarik, dan Anda dapat memainkannya untuk mendapatkan peluang meraih banyak audiens. Berikut adalah langkah membuat konten:
1. Memikirkan Tema
Mulailah dengan memikirkan tema dan pesan yang ingin Anda sampaikan. Susunlah konten berselang-seling antara memamerkan produk dengan profil perusahaan yang menyangkut budaya kerja dan aktivitas harian di pabrik air minum dalam kemasan. Agar tidak monoton, buatlah konten yang menghibur audiens.
2. Menentukan Format Konten
Anda dapat menggunakan gambar atau foto, video pendek, atau menggunakan IGTV untuk format video dengan durasi yang lebih panjang. Anda tidak akan tahu konten dengan format seperti apa yang mendapatkan jumlah pengunjung dan “Like” paling banyak. Oleh karena itu, mainkan format yang berbeda-beda secara bergantian.
3. Menjaga Kualitas Konten
Format konten yang Anda buat harus tetap berkualitas dan menarik. Gunakan warna yang tepat untuk menciptakan visual yang terbaik. Penelitian menyebutkan bahwa tone terang menghasilkan ‘Like’ yang lebih banyak dari pada tone gelap. Selain itu, audiens lebih menyukai gambar dengan tekstur yang tinggi.
Akan tetapi, Anda tidak melulu berpatokan pada data di atas. Ingatlah bahwa visual yang tampil pada Instagram harus berpatokan pada kepribadian dan merek bisnis AMDK. Konten yang Anda buat harus konsisten secara visual dan tetap berpegang pada warna merek. Hal ini akan membuat bisnis mudah dikenali.
Perusahaan AMDK biasanya menggunakan biru dan hijau, dua warna yang identik dengan kesehatan dan berkesan natural. Meski tidak menutup kemungkinan Anda bisa menggunakan warna-warna cerah, seperti kuning, merah, dan oranye. Semua itu tergantung dengan ciri khas kepribadian yang dimiliki oleh perusahaan Anda.
4. Tulislah Teks yang Relevan
Selain desain konten yang bagus, jangan abaikan teks (caption) untuk konten Anda. Sama halnya dengan penampilan visual, teks yang dibuat haruslah konsisten pada setiap postingan. Teks Anda harus relevan dan sesuai merek, informatif, dan menarik. Gunakan teks ini untuk melakukan promosi tehadap produk AMDK.
Anda bisa menggunakan teks pendek maupun memaksimalkannya hingga ribuan karakter. Namun, biasanya audiens hanya mau membaca teks pendek. Oleh karenanya, Anda harus bisa memasukkan semua informasi penting terkait bisnis air minum dalam kemasan (AMDK) ke dalamnya.
Beberapa contoh teks yang bisa Anda sematkan pada konten di Instagram sebagai cara memasarkan air minum dalam kemasan, misalnya:
- Nikmati kesegaran air mineral yang berasal dari mata air pegunungan pilihan yang terjaga kemurniannya dan diolah dengan teknologi modern.”
- “Tidak perlu ragu karena air mineral ini diolah dengan teknologi canggih sehingga menghasilkan air murni yang berkualitas serta higienis.”
- “Aneka uji dan analisis terhadap air minum dalam kemasan ini mampu menjaga kualitasnya sebelum sampai ke rumah Anda.”
Memanfaatkan Video Streaming
Video Streaming adalah strategi Instagram marketing AMDK yang memberi Anda kesempatan untuk terhubung dengan audiens secara real-time. Artinya, saat Anda sedang membuat siaran video secara langsung, para audiens dapat menyampaikan tanggapan dan komentarnya.
Pastikan Anda untuk selalu menanggapi komentar-komentar tersebut, dan berusaha sebaik mungkin melakukan interaksi dan mengenali para audiens. Hal ini akan menimbulkan rasa kebersamaan. Akibatnya, kedekatan hubungan akan meningkat hingga memperdalam keterlibatan antara perusahaan Anda dengan audiens.
Ada banyak inspirasi yang bisa Anda buat sebagai konten berbentuk video streaming. Anda dapat mengenalkan produk terbaru sebagai cara marketing air mineral dan mengajak audiens berkeliling di area pabrik AMDK. Di sini Anda bisa membanggakan kecanggihan mesin yang digunakan hingga laboratorium uji yang modern.
Tunjukkan etos kerja yang positif dan akrab di dalam pabrik dengan memperkenalkan jajaran direksi, staf, hingga karyawan di perusahaan. Gelarlah acara tanya jawab saat Anda melakukan video streaming untuk meningkatkan koneksi yang otentik dengan para audiens.
Selain melakukan video streaming di saluran Anda sendiri, cobalah berkolaborasi dengan bisnis lain. Anda bisa mengisi konten milik profil orang lain dengan tampil secara langsung dalam video interaktif. Ini adalah salah satu strategi Instagram marketing AMDK untuk promosi merek dan memikat audiens yang belum menjadi follower Anda.
Menggunakan Tagar yang Tepat
Tagar dalam Instagram sangat penting dalam meningkatkan kemampuan sebuah akun bisnis untuk bisa ditemukan oleh banyak audiens. Anda dapat menggunakan tagar yang sudah tersedia agar audiens dapat melihatnya. Agar hasilnya maksimal, gunakan tagar yang relevan dengan produk dan kegiatan bisnis AMDK.
Sebaiknya gunakan maksimal 9 tagar untuk setiap postingan. Lebih dari itu biasanya akan terlihat seperti tindakan spam yang membuat Anda berpeluang untuk kehilangan follower. Ke depannya, Anda bisa membuat tagar sendiri. Gunakan tagar hanya dengan nama merek untuk menunjukkan bahwa konten Anda adalah spesifik.
Agar penggunaan tagar lebih optimal, Anda dapat memanfaatkan alat yang dapat menganalisa tagar. Alat ini memudahkan Anda untuk melacak dan menganalisis apakah tagar yang digunakan mampu bekerja dengan baik untuk meraih perhatian audiens.
Melakukan strategi Instagram marketing AMDK secara terintegrasi dan konsisten akan memberikan pengaruh besar bagi perkembangan bisnis. Akun bisnis air minum dalam kemasan (AMDK) menjadi populer, memiliki banyak pengikut, dan pada akhirnya akan menghasilkan hubungan yang dalam dengan para pengikut dan klien potensial.