Pabrik Air Minum Dalam Kemasan

Industry pabrik air minum dalam kemasan merupakan metode terkini, dalam cara pengelolaan air minum dengan kecanggihan teknologi tertentu, untuk mencapai air layak konsumsi dengan aman dan bebas dari kontaminan.

Penggunaan alat teknologi filtrasi untuk memfiltasi air dari berbagai zat yang berbahaya bagi kesehatan manusia, seperti bakteri, kuman, logam berat, dan lain-lain. Berbagai produksi dan penjernihan menggunakan alat mesin di pabrik (amdk), dapat dilakukan dengan praktis dan cepat.

Pabrik Air Minum Dalam Kemasan (AMDK).

pabrik air minum dalam kemasan di Indonesia

Air minum kemasan atau dalam istilah lain disebut dengan (amdk) adalah air yang diolah dengan alat teknologi filtrasi hingga mencapai titik air layak konsumsi dengan baik.

Lalu dikemas dengan berbagai ukuran serta bentuk, sesuai kebutuhan. Dan bentuk ukuran air minum pada umumnya yaitu: Gelas 240 ml, Botol 330ml, Botol 600ml, Botol 1500ml, Gallon 19liter, dan berbagai bentuk kemasan lainnya.  

Latar Belakang Usaha Pabrik Air (AMDK) di Indonesia.

Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk yang sangat padat. Ketersediaan air bersih, menjadi hal yang sangat urgen, karena dapat memepengaruhi dalam segala aspek kehidupan, baik itu dari segi kesehatan maupun kesejahteraan masyarakat.

Namun, sayangnya disaat peningkatan ekonomi selama bertahun-tahun terakhir, tidak dibarengi dengan pemerataannya akses air bersih dan layak konsumsi.

Hal ini diperparah dengan banyaknya pembuangan limbah yang tidak ditangani dengan baik dan benar oleh hal yang terkait. Kondisi seperti inilah yang menyebabkan kualitas air bersih menjadi sulit didapatkan.

pabrik air minum dalam kemasan

Disaat kebutuhaan manusia terhadap air yang semakin sulit, terkhusus kebutuhan terhadap air minum, salah satu upaya paling efektif untuk mencapai kebutuhan tersebut yaitu, dengan mengoptimalkan potensi perusahaan air siap saji.   

Oleh sebab itulah, yang mengakibatkan perkembangan industri pabrik pengelolaan air minum di area perkotaan, semakin tinggi dan pesat.

Apalagi dengan kualitas kejernihan air yang dihasilkan dari mesin tersebut, bisa mencapai murni hingga 99% sehingga dapat dikonsumsi langsung dengan baik dan aman.

Maka tak heran, jika perusahaan air minum saat ini kian banyak dan menjamur. Tak hanya diperkotaan, usaha bisnis air minum kemasan (amdk), juga mampu menjangkau hingga ke plosok Pedesaan.

Seiring dengan perkembangan industri (amdk) di Tanah Air semakin berkembang. Tentu hal tersebut bisa memberikan dampak positif bagi kebutuhan air minum untuk masyarakat Indonesia. Terlebih dengan meningkatnya kebutuhan konsumsi AMDK di pasar dalam negri.

Mengenal Jenis-Jenis Air Minum (AMDK).

Air minum kemasan (amdk) yang ada di Indonesia, terdiri dari beberapa kategori utama, di antaranya: air minum mineral, air minum demineral, dan air minum dalam kondisi khusus. Agar Anda tidak bingung! Yuk, kenali bersama dari pengertia-pengertiannya. 

Berikut penjelasan singkat tentang amdk yang sering kita temui.

1. Air minum mineral.

Air mineral adalah air yang diolah menggunakan alat filter tertentu dan tetap mempertahankan kandungan mineral didalamnya. Air semacam ini didapat dari sumber air alami, kemudia diproses untuk hasil lebih higenis.

Mineral juga mampu memulihkan sel-sel badan lama kepada sel-sel baru. Komposisi kandungan mineral pada air minum mineral, tentu sangat berbeda-beda, tergantung pada prosedur yang menyusun konposisi dan sumber air tersebut.

2. Air minum demineral.

Berbeda dengan air minum demineral. Air minum jenis ini merupakan air minum yang diolah menggunakan alat teknologi demineralisasi sehingga menghasilkan air minum yang terbebas dari mineral atau air murni.

3. Air minum dalam kondisi khusus.

Maksud dari air minum dalam kondisi khusus yaitu jenis air yang dibuat dan diproses khusus untuk menjangkau pangsa pasar tertentu. Air jenis ini bisa menyesuaikan dengan ternd yang sedang menonjol dalam dunia bisnis, di antaranya seperti: air ber oksigen, air alkaline, air hexagonal, dan lain-lain.   

Pentingnya Proposal Pabrik.

Salah satu hal penting yang perlu Anda ketahui dalam menjalankan usaha pabrik air minum dalam kemasan ini adalah proposal usaha air minum kemasan.

Jika Anda memiliki proposal pabrik, berbagai keuntungan bisa Anda dapatkan, di antaranya: Anda dapat menganalisasi perkembangan usaha yang Anda jalankan, apakah sudah memenuhi standar prosedur dan layak untuk dilanjutkan atau tidak.

Selain memiliki tingkat keuntungan yang tinggi ROI 40% dan BEP (Break Even Poin) selam 20 bulan. Bisnis air minum kemasan menjadi suatu usaha yang sangat menjanjikan serta layak untuk Anda coba.

Jika Anda ingin mencoba, dan memperdalam lagi tentang dunia usaha air minum, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan kami.

Klik di sini untuk berkonsultasi dengan kami.

Modal Usaha Dalam Membuat Pabrik Air Minum Dalam Kemasan.

Jika Anda ingin terjun kedalam dunia usaha pabrik (amdk), tentu yang demikian, merupakan hal yang sangat bagus dan positif bangi Anda.

Sudah banyak banyak contoh orang-orang sukses dari mendirikan pabrik (amdk). Akan tetapi, untuk memulai bisnis tersebut, perlu adanya perencanaan dan strategi yang matang, di antaranya modal usaha yang cukup.

Lalu modal apa saja yang dimaksud? Baik, step by step akan sedikit kami bahas.

Sudah siapkah Anda untuk memulainya? Jika sudah, mari kita lanjutkan.

Nah, modal apa saja yang perlu Anda siapkan? Berikut beberapa komponen biaya membangun bisnis air (amdk), yang bisa Anda tiru jejak langkahnya orang-orang sukses di dunia tersebut.    

  1. Wujud bangunan pabrik (amdk)
  2. Berbagai macam alat mesin air, seperti mesin sterilisasi, mesin filtasi, serta mesin filling air minum kemasan.
  3. Izin usaha pabrik air (amdk).
  4. Macam-macam bahan baku untuk produksi, seperti kardus, cup, lid cup, sedotan dan lain-lainnya.
  5. Budget peralatan laboraturium.

Biaya Produksi Dan Modal.

Mengetahui perkiraan berapa biaya pruduksi air minum kemasan (amdk) memang sangat perlu untuk Anda telusuri. Dengan mengetahui berapa gambaran biaya bahan baku yang akan Anda keluarkan.

Anda dapat mengetahui berapa estimasi modal biaya yang diperlukan dalam produksi air minum kemasan (amdk). Disini kami akan mengulas sedik tentang berapa modal biaya produksi yang bisa Anda jadikan acuan.

Estimasi biaya produksi pada setiap produk tentu berbeda-beda, tergantung dari produk yang ingin Anda buat, di antranya seperti:

  • Biaya produksi untuk air minum kemasan gallon Rp. 1.200 /gallon.     
  • Biaya produksi untuk air minum kemasan gelas Rp. 9.500 /dus.
  • Biaya produksi untuk air minum kemasan botol Rp. 15.00 /dus.

Modal biaya tersebut tidak mutlak 100% pasti sesuai dengan ketentuan di atas, biaya di atas bisa saja kurang maupun lebih, tergantung dari situasi dan kondisi.  

Hal-Hal Yang Harus Anda Perhatikan Dalam Membuat Pabrik Air (AMDK).

Air Minum dalam Kemasan

Dalam membangun pabrik air minum (amdk) tidak semudah yang Anda banyangkan. Semuanya memang butuh proses dan usaha yang panjang. Untuk mencapai hasil yang baik serta maksimal, ada beberapa hal yang harus Anda perhatiakan, seperti:

1. Desain bangunan pabrik.

Pemetaan denah bangunan pabrik (amdk), merupakan salah satu indikator yang sangat penting untuk Anda perhatikan dengan baik.

Sebab, rangcangan desain pabrik (amdk) yang Anda kelola berjalan sesuai dengan standar yang berlaku, tentu hal ini dapat mempermudah Anda dalam proses pengeluaran suran izin yang dikeluarkan oleh SNI Dan PBOM.

2. Surat perizinan.

Surat perizinan merupakan hal yang sangat penting untuk Anda perhatikan. Baik itu surat izin perusahaan komersial, maupun surat izin usaha pabrik.

Jika surat izin belum Anda dapatkan, maka yang demikian, akan mempersulit pada bisnis yang akan Anda jalankan. Di antara surat izin yang harus Anda miliki yaitu sebagai berikut: AKTA PERUSAHAAN, SIUP, SIPA, TDP, NPWP, HO, TDI, IUI, IMB, ISO 9000/2005 dan lain-lain.

3. Beberapa surat dokumen pendukung laboratorium.

Kemudian faktor lain yang harus Anda perhatikan yaitu dokumen sertifikat kalibrasi dari alat-alat yang akan digunakan oleh laboratorium. Sebab, hal ini menjadi salah satu persyaratan, yang harus Anda penuhi untuk mencapai ketentuan SNI (Standar Nasional Indonesia) serta BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

Dengan adanya sertifikat kalibrasi, selain menjadi salah satu persyaratan mutlat yang harus dipenuhi, juga dapat membantu Anda mempermudah dalam pengontrolan kualitas produk yang dihasilkan.   

4. Alat-alat laboratorium air dalam kemasan.

Ketahilah bahwa untuk mendapatkan SNI dan izin BPOM, terlebih dahulu adanya bangunan laboratorium serta beberapa alat lab untuk menguji pengetesan.

Tampa adanya bangunan serta alat-alat lab untuk menguji pengetesan, sertifikasi SNI dan izin BPOM, rasanya akan sulit Anda dapatkan. Karena hal tersebut, menjadi satu kesatuan yang harus ada.

Harga Mesin Air Minum

Air minum kemasan

Setiap mesin air minum kemasan (amdk) memiliki nilai harga yang berbeda-beda, selain itu, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi harga mesin tersebut, di antaranya:

  • Teknologi yang dipakai.
  • Kapasitas produksi yang akan dihasilkan.
  • Jenis produk yang ingin dihasilkan.
  • Material yang dipakai.
  • Dan lebih banyak lagi lainnya.

Informasi lebih lengkap dan detailnya, Anda bisa hubungi kami. Klik di sini.

Beberapa Faktor Yang Harus Diperhatikan Dalam Menjalankan Pabrik Air (AMDK).

air minum

Sebagaimana yang telah kami katakan bahwa, untuk menjalankan bisnis air minum kemasan (amdk) memerlukan proses perjalanan yang cukup panjang. Banyak faktor yang harus Anda tempuh dan perhatikan.

Selain mendapatkan surat izin edar serta sertifikasi SNI, juga ada faktor-faktor yang tak kalah jauh lebih penting, untuk menunjang kelancaran menjalankan bisnis tersebut. Dan faktor-faktor itu adalah sebagai berikut:

1. Sumber bahan baku pabrik.

Tidak sedikit dari para pengusaha air minum (amdk), yang hanya mementingkan keuntungan semata, sehingga bahan baku yang digunakan tidak berkualitas.

Padahal jika Anda menginginkan hasil yang jauh lebih baik, maka pilihlah bahan baku yang berkualitas dan memiliki kapasitas yang mencukupi.

2. Lokasi pabrik.

Strategi dalam memilih lokasi pabrik air minum kemasan (amdk), juga sangat penting untuk Anda pikirkan sebelum membuka usaha tersebut. Lokasi yang strategis bisa menjadi salah satu faktor yang akan mempengaruhi kesuksesan dan kelancaran dari bisnis yang Anda jalankan.

Untuk lokasi pabri air (amdk), kami sarankan pilihlah sedekat mungkin dengan akses jalan yang terbaik dan sumber mata air, karena yang demikian akan sangat membantu kelancaran usaha yang Anda jalankan.

3. Pangsa pasar.

Jika bisni Anda ingin jauh lebih berkembang dan maju, maka disinilah diperlukannya strategi pangsa pasar yang harus Anda bidik.

Menganalisa pangsa pasar menjadi suatu komponen yang sangat penting untuk Anda ketahui. Dengan mengetahui potensi pasar, nantinya sangat bergunan untuk mengetahui potensi bisnis yang akan Anda jalankan.

4. Strategi pemasaran

Dalam dunia bisnis strategi pemasaran merupakan satu hal paling penting yang akan menentukan dari peforma usaha yang Anda jalankan.

Kunci keberhasilah dari penjualan suatu produk adalah strategi pemasaran yang baik. Maka pastikan strategi pemasaran produk yang Anda pilih merupakan strategi pemasaran yang terbaik.

Demikian sekilas penjelasan tentang industri usaha air minum (amdk), yang bisa kami informasikan kepada Anda.  

Jika Anda ingin berkonsultasi tentang bisnis air minum, atau ingin membuat pabrik air minum dalam kemasan. Silahkan hubungi kami.

5/5 - (1 vote)