Teknologi Membrane Ultrafiltrasi

Apakah Anda ingin mengetahui tentang teknologi dari Membrane Ultrafiltasi? Simak terus tulisan ini sampai habis.

Kebutuhan akan air bersih di Indonesia semakin hari semakin meningkat. Hal ini tentu berbanding lurus dengan peningkatan jumlah populasi penduduk Indonesia yang kian hari kian banyak. Terhitung sekitar 260-an juta jiwa masyarakat Indonesia saat ini. Tentu mereka semua membutuhkan yang namanya air bersih, bukan?

Bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan yang dekat dengan sumber mata air ataupun gunung mungkin tidak terlalu sulit untuk menemukan air bersih, namun untuk masyarakat yang tinggal di daerah yang memang kering ataupun masyarakat yang tinggal di daerah dekat dengan pabrik pabrik yang mana sungai sungai telah banyak tercemar dengan limbah limbah yang di sebabkan oleh pabrik pabrik tersebut?

Untunglah dengan kemudahaan serta kecanggihan teknologi saat ini hampir semua hal dapat di buat dan semua permasalahan ada solusi nya dengan bantuan teknologi, termasuk mengubah air limbah atau air kotor menjadi air bersih, higienis serta dapat melengkapi kebutuhan masyarakat sehari hari.

Inodnesia yang merupakan negara maritim yang jumlah perairannya lebih dominan dibandingkan dengan jumlah daratannya tentu sangat butuh teknologi teknologi canggih yang bisa merubah air air tersebut menjadi air yang bersih dan layak minum.

Apalagi di zaman sekarang yang telah banyak bermunculan pabrik pabrik yang dapat mengeluarkan limbah limbah cair dan membuat air air yang tadinya bersih menjadi penuh dengan bakteri.

Membrane Ultrafiltrasi

Secara garis besar, pengolahan air sungai hingga dapat menjadi air bersih itu terbagi atas 3 aspek. Yang mana 3 aspek dalam pengolahan air sungai itu ialah:

  • Pengolahan Air Sungai Secara Kimia
  • Pengolahan Air Sungai Secara Fisika
  • Pengolahan Air Sungai Secara Biologi

Sedangkan dalam pengolahan air sungai sendiri ada 3 bagian penting. Bagian bagian tersebut yaitu:

  • Bangunan Intake
  • Water Treatment Plant
  • Reservoir

Masalah tercemarnya air sungai sendiri itu tentu haruslah ada solusi untuk hal yang satu ini, bukan?

Dengan adanya teknologi Membrane Ultrafiltrasi tentu sangat membantu dalam hal ini. Lantas apa yang di maksud dengan Membrane Utrafiltrasi itu sendiri?

Membrane Ultrafiltrasi ialah sebuah proses atau teknologi yang berfungsi untuk memisahkan bahkan menahan komponen komponen yang memiliki berat molekul yang terhitung tinggi, seperti (Polisakarida, Makro Molekul, Protein).

Proses pemisahan antara molekul tersebut terjadi di dalam modul yang disebut dengan modul Ultrafiltrasi secara Cross Flow dengan mengikuti permukaan Membrane dengan cara Tangesial.

Kegunaan Dan Manfaat Dari Membrane Ultrafiltrasi

Kegunaan dari Membrane Ultrafiltrasi itu sendiri ialah untuk memisahkan koloid dan makromolekul yang berada pada satu larutan.

Sedangkan keuntungan dan manfaat lain dalam Membrane Ultrafiltrasi itu sendiri di dalam penggunan untuk proses Filtrasi air adalah:

  • Di dalam berbagai kondisi air sumber, kualitas Filtrasi tetaplah konsisten.
  • Membran Ultrafiltrasi bekerja pada tekanan yang cukup rendah yaitu 1-2 bar namun tetap memberikan kinerja produktivitas yang cukup tinggu yang mana hal tersebut berarti dapat menghemat biaya serta menghemat energi. Hal ini berlaku untuk pengolahan hasil dari Sewage Treatment Plant.
  • Di dalam proses pemisahan padatan mikroorganisme dan tersuspensi pun tidak harus menggunakan bahan bahan yang bersifat kimiawi.
  • Tingkat kekeruhan dalam proses Membrane Ultrafiltrasi ini dapat di turunkan dari 100 NTU hingga menjadi kurang dari 0,2 NTU.

Macam Macam Tipe Dari Proses Membrane Ultrafiltrasi

Bentuk dari Membran Ultrafiltrasi ini sendiri tergolong berpori, yang mana dari segi strukturnya itu lebih cenderung asimetris jika di bandingkan dengan Membran Mikrofiltrasi.

Proses Membrane Ultrafiltrasi itu sendiri tedapat bebagai macam tipe. Macam macam tipe dari proses Membran Ultrafiltrasi itu sendiri seperti:

  • Spiral Wound
  • Tubular
  • Plate and Frame

Yang  mana setiap dari macam macam tipe tersebut memiliki aplikasi masing masing. Pemilihan macam macam dari tipe tersebut juga bergantung dengan jenis material serta konsentrasi emulsi atau berkoloid.

Contoh kecilnya ialah jika air yang memiliki tingkat kemurnian yang cukup tinggi, maka model atau tipe Spiral Wound lah yang lebih cenderung cocok untuk di aplikasikan atau di gunakan.

Sedangkan model atau tipe Tubular Kapiler biasanya di gunakan untuk Pre-Treatment pada unit unit Reverse Osmosis.

Kegunaaan Membrane Ultrafiltrasi Dalam Industri

Sangat cukup beragam jika di golongkan kegunaan Membran Ultrafiltrasi itu sendiri di dalam industri. Mulai dari Filtrasi untuk Aeration Tank, untuk pengolahan air limbah industri, bahkan termasuk untuk pengolahan air minum layak konsumsi.

Kegunaan atau fungsi Membran Ultrafiltrasi jika di dalam industri yang telebih khusus di dalam industri air minum itu sendiri di buat untuk dapat menjadikan air minum itu layak di konsumsi.

Akan tetapi ada beberapa poin yang sangat penting yang tidak boleh alpa dalam proses Membrane Ultrafiltrasi ini, yaitu:

  • Air yang di gunakan sebagai bahan baku wajib untuk tidak mengandung bahan beracun, kontaminan, serta bahan bahan yang berbahaya lainnya. Terlebih lagi untuk bahan bahan yang tidak bisa di saring atau di filter dengan menggunakan Membran Ultrafiltrasi. Maka dari itu telah di tetapkannnya sebuah undang undang yang menyatakan bahwa di wajibkannya menggunakan mata air dari pegunungan atau pun pada sumber sumber mata air yang telah memiliki perizinan produksi untuk air isi ulang atau air minum dalam kemasan (AMDK).
  • Bahan baku air wajib di peroleh dari sumber mata air yang berada di ruang lingkup lingkungan sekitar, jika memang bertujuan untuk pengolahan air yang memang untuk di konsumsi dalam lingkup internal dan tidak di perdagangkan dengan bebas. Sudah pasti bahan baku air tersebut telah memenuhi segala macam syarat dan ketentuan akan kualitas yang telah terjamin. Dan juga hal yang tidak kalah penting lainnya ialah pekerjaannya di serahkan kepada seluruh tim yang memang ahli di bidangnya serta melewati proses pengujian tahap akhir yang menentukan layak atau tidaknya air tersebut untuk di gunakan dan di konsumsi.

Pada dasarnya ada banyak faktor faktor yang memang harus di pertimbangkan secara lebih hati hati dan terperinci lagi dalam hal megolah serta memproses air agar menjadi layak konsumsi.

Yang mana faktor faktor lain tersebut seperti pengaman yang memiliki tingkat ekstra dari mulai sumber bahan baku air air yang akan di olah, maintenance fasilitas serta secara teratur, serta segala sesuatu yang berkaitan dengan aktivitas dengan orang orang yang berada di lingkungan sekitar yang juga musti di perhatikan. Tentu hal ini merupakan yang mana Membran Ultrafiltrasi ialah salah satu teknik atau proses untuk bisa mendapatkan air bersih yang layak di konsumsi guna melengkapi kebutuhan masyarakat sehari hari.

Sekian tulisan yang membahas tentang Membran Ultrafiltrasi. Terimakasih telah membaca hingga akhir, semoga bermanfaat.