Pemasaran Online AMDK Menggunakan WA

Pemasaran Online AMDK Menggunakan WA

Ada banyak cara untuk menjangkau kelompok konsumen loyal, yaitu pelanggan yang selalu repeat order. Mereka juga bersedia merekomendasikan produk pada orang lain. Hal ini dapat Anda raih dengan menerapkan strategi pemasaran online AMDK menggunakan WA.

Produk pabrik air minum dalam kemasan, sebenarnya juga tak ubahnya komoditas lain. Jadi, strategi pemasarannya juga dapat mengaplikasikan yang sudah ada, tentunya dengan beberapa penyesuaian.

Pengertian Strategi Pemasaran Online AMDK Menggunakan WA

Pada dasarnya, pengertian strategi pemasaran online adalah suatu upaya pemasaran dalam bentuk digital, melalui internet. Saluran penjualan yang memanfaatkan jaringan komputer terbesar ini berpotensi meningkatkan penjualan.

Betapa tidak, saat ini hampir semua penduduk di dunia memiliki akses ke internet. Bahkan, Indonesia menempati peringkat keempat dalam penggunaan internet terbanyak di dunia. Sebagian besar dari pengguna tersebut mengakses media sosial.

Salah satu media sosial yang memiliki banyak pengguna adalah Whatsapp. Saat ini tercatat bahwa sebagian besar pengguna internet di Indonesia memanfaatkan aplikasi ini, yaitu mencapai 85%.

Keuntungan Menggunakan Whatsapp Sebagai Media Pemasaran

Ada beberapa keuntungan yang membuat strategi pemasaran AMDK menggunakan WhatsApp ini cukup efektif. Hal tersebut berdasarkan pada beberapa kelebihan yang dimiliki aplikasi chat itu. Agar lebih jelas, silakan simak uraian di bawah ini.

1. Lebih Bersifat Personal

Berbeda dengan media sosial lainnya, Whatsapp lebih bersifat personal. Seseorang dapat memilih chat pribadi apabila tidak menyukai pembicaraan via grup. Itulah sebabnya. strategi pemasaran online melalui kanal ini cukup efektif.

Anda bisa mengirimkan pesan broadcast untuk membentuk branding produk air minum ini. Dengan pendekatan yang lebih personal, pelanggan akan segera memiliki bonding yang lebih erat dengan Anda sebagai pemilik bisnis air minum dalam kemasan.

2. Banyak Fitur Pendukung Bisnis

Sebagai pebisnis air minum kemasan, tentu Anda perlu melakukan edukasi terhadap calon pelanggan. Hal ini bertujuan agar mereka memahami pentingnya mengkonsumsi air yang sehat dan layak minum.

Edukasi semacam ini dapat Anda lakukan secara optimal melalui WhatsApp, karena ada fitur pengiriman media berupa gambar, video, dokumen, hingga tautan. Selain itu, ada fitur broadcast yang memudahkan Anda untuk berbagi informasi ke banyak orang.

3. Interaksi Secara Cepat dan Personal

Banyak orang yang lebih cepat membuka pesan di Whatsapp daripada sosial media lain. itulah sebabnya, interaksi dengan pelanggan dapat berlangsung cepat. Selain itu, pesan tersampaikan secara lebih personal.

Strategi pemasaran air mineral menggunakan aplikasi chat ini bisa Anda terapkan, salah satu contohnya ketika akan menawarkan paket air minum kemasan untuk sebuah seminar. Panitia akan segera mendapatkan penawaran dan secepatnya memberikan respons.

Strategi Pemasaran Online AMDK Menggunakan WhatsApp

Pemasaran Menggunakan WA

Ada beberapa strategi pemasaran air minum kemasan yang bisa Anda terapkan melalui media WhatsApp. Berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran yang telah terbukti efektif.

1. Pisahkan Nomor Pribadi dengan Bisnis

Strategi pertama adalah dengan fokus mengurus bisnis dan membedakannya dengan urusan pribadi. Strategi pemasaran online air minum kemasan ini membuat citra profesional Anda tetap terjaga.

Anda hanya akan membagikan informasi bermanfaat terkait produk di status WA dan tidak campur aduk dengan postingan curhat pribadi. Selain itu, memiliki akun bisnis memberikan skala prioritas terhadap chat yang harus segera Anda respons.

2. Kumpulkan Kontak Tertarget Sebanyak Mungkin

Anda bisa memanfaatkan media sosial lain untuk mengumpulkan sebanyak mungkin calon pelanggan. Namun, arahkan mereka untuk menghubungi dan menyimpan nomor Whatsapp Anda.

Sebab dari WhatsApp, Anda dapat melakukan pendekatan lebih personal untuk call to action. Baik itu sekadar menggali database atau mau menggiring traffic yang masuk ke arah closing.

Strategi pemasaran produk air minum kemasan ini efektif, karena melakukan follow up melalui aplikasi chat tersebut memang jauh lebih mudah. Contoh pelanggan potensial bagi produk air minum kemasan adalah komunitas, instansi pemerintah, pengusaha katering, penyelenggara seminar, dan lainnya.

3. Memastikan Calon Pelanggan Menyimpan Nomor Anda

Salah satu strategi pemasaran online air minum dalam kemasan melalui aplikasi chat berlogo warna hijau ini adalah dengan melakukan broadcast (pesan siaran). Namun, syaratnya adalah memastikan calon pelanggan yang dituju telah menyimpan kontak Anda.

Apabila tidak menyimpannya, pesan broadcast tersebut tidak akan sampai kepada mereka. Buatlah kalimat persuasif agar mereka mau menyimpan kontak, misalnya dengan menjanjikan informasi kesehatan rutin.

Pastikan mengirimkan broadcast berupa konten menarik dan bermanfaat yang relevan terhadap produk Anda. Contohnya adalah kesehatan pencernaan, lingkungan, dan lainnya. Buat agar para pelanggan menantikan pesan siaran dari Anda.

4. Bentuk Grup Konsumen

Salah satu fitur yang bisa menjadi strategi pemasaran air minum dalam kemasan efektif di Whatsapp adalah adanya chat grup. Melalui fitur ini Anda bisa membagikan informasi, sekaligus membuka forum diskusi.

Grup ini juga dapat Anda fungsikan sebagai members club. Artinya, orang-orang yang sudah menjadi pelanggan air minum dapat tergabung dalam grup itu. Berbagai promosi khusus bisa menjadi pemikat kesetiaan mereka dalam menggunakan produk Anda.

5. manfaatkan fitur story whatsapp

Salah satu strategi pemasaran online air minum dalam kemasan menggunakan whatsapp yang tak kalah efektif adalah dengan memanfaatkan fitur story. Melalui fitur tersebut Anda bisa berbagi beragam konten persuasif.

Contohnya adalah gambar operasional pembuatan produk Anda. Selain itu beragam promosi juga dapat dibagikan melalui fitur story ini. keuntungannya adalah Anda bisa menarik orang yang ada di dalam kontak, tetapi belum tergabung dalam grup.

Story WA juga dapat anda gunakan untuk membagikan flyer berisi informasi singkat yang relevan dengan air minum. Tambahkan teks untuk caption yang merangsang viewer untuk menanggapi flyer tersebut.

Ini bisa menjadi awal komunikasi Anda dengan calon pelanggan. Setelah komunikasi terjalin dan orang tersebut merasa nyaman, Anda bisa mulai memberikan penawaran produk tersebut.

6. Membangun Komunitas Reseller

Strategi pemasaran produk air minum dalam kemasan lewat internet dengan menggunakan aplikasi chat Ini dapat membantu dalam membentuk komunitas reseller. Anda bisa membuat satu grup khusus untuk para armada penjualan ini. Di dalam grup itu bisa menjadi basis pasokan materi promosi bagi para reseller tersebut.

Anda juga bisa dengan cepat membagikan informasi promo produk tersebut. materi promosi dapat berupa teks, flyer, dan video pendek untuk media sosial reseller. Jadi ini akan memudahkan mereka karena tinggal menggunakan fitur copy paste.

Dengan demikian, siapa pun bisa menjadi reseller karena tidak memerlukan skill khusus dalam bidang penjualan. Hanya berbekal membagikan konten yang Anda siapkan, mereka bisa meraih closing. Dengan demikian, omset produkjuga meningkat.

Kesimpulan

Dari uraian di atas, Anda dapat menarik kesimpulan bahwa penjualan air minum dalam kemasan juga bisa mengalami peningkatan dengan memanfaatkan WhatsApp. Kuncinya adalah konsisten menambah jumlah kontak yang juga menyimpan nomor Anda.

Jumlah pengguna aplikasi chat ini sangat banyak, sehingga potensial dalam memasarkan produk air minum dalam kemasan. Anda bisa menjangkau berbagai kalangan, mulai dari konsumen rumah tangga hingga instansi tertentu.

Cara efektif penerapan strategi pemasaran online AMDK menggunakan WA ini merupakan salah satu upaya dalam mengedukasi pentingnya air layak minum dalam kemasan. Dengan demikian, brand awareness terhadap produk Anda akan meningkat dan turut mendongkrak angka penjualan.

 

 

5/5 - (1 vote)