Strategi Pemasaran AMDK

Strategi Pemasaran AMDK

Perencanaan dan pengembangan strategi pemasaran Air Minum Dalam Kemasan memiliki andil yang cukup besar. Oleh karena itu, saat proses awal perancangan harus benar-benar memerhatikan kaidah serta aturan yang berlaku. 

Hal tersebut bertujuan agar perusahaan dapat bertahan, saat menghadapi beragam polemik yang ada. Salah satu di antaranya, yakni keberadaan pesaing yang dapat muncul kapan saja. 

Fungsi dan Jenis-jenis Strategi Pemasaran AMDK

Pesaing dalam pengadaan air minum memang terbilang cukup banyak. Menurut data Kemetrian Perindustrian saja, ada lebih dari 100 pabrik air minum dalam kemasan yang terdaftar, tidak termasuk industri skala kecil dan menengah. Oleh karena itu, setiap perusahaan harus membekali diri dengan strategi terbaik.

Fungsi Strategi Pemasaran AMDK

Perencanaan strategi pemasaran Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) tidak hanya berfungsi untuk mengantisipasi pesaing saja, tetapi ada manfaat lain yang dapat dirasakan, yakni:

a. Merumuskan Tujuan Perusahaan

Keberadaan strategi marketing akan membantu pengusaha untuk merumuskan tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan. Tak hanya dalam jangka pendek saja, tetapi juga tujuan jauh ke depan. 

b. Membuat Koordinasi Tim Lebih Efektif dan Terarah

Selain tujuan, penerapan strategi juga berperan penting dalam mengatur arah perusahaan. Dengan demikian, koordinasi tim pemasaran jauh lebih efektif dan terarah, baik sesama anggota maupun pihak yang berkepentingan lainnya. 

c. Meningkatkan Motivasi 

Dengan penerapan strategi pemasaran AMDK, mau tidak mau perusahaan harus berpikir jauh ke depan atau out of the box. Cara tersebut cukup manjur untuk menjaga ritme serta kelangsungan perusahaan. Sebab, bisnis tidak harus selalu mengikuti ritme pasar, sesekali lakukanlah gebrakan. 

d. Meningkatkan Pengawasan 

Bagaimanapun, melakukan pengawasan terhadap tim maupun pekerja memang penting. Dengan begitu, peningkatan mutu serta kualitas produk dapat dicapai dan lebih terjamin. 

Jenis-jenis Strategi Pemasaran Air Minum Dalam Kemasan (AMDK)

Jika kualitas senantiasa terjaga, maka kelangsungan perusahaan juga terjamin, bukan? Oleh karena itu, penting untuk mempelajari beberapa jenis strategi marketing yang biasa diterapkan dan sudah terbukti hasilnya:

a. Strategi Harga untuk Penetrasi Pasar

Beberapa konsumen sangat sensitif terhadap harga, perbedaan sedikit saja dapat memengaruhi daya beli. Jika memang kurang paham dengan strategi ini, PT. Tanindo siap untuk memberikan arahan dan masukan. 

Pasalnya, strategi dengan permainan harga tidak hanya persoalan menetapkan harga jual yang lebih rendah dari pasaran. Ada cara lain yang dapat ditempuh, yakni memberikan bonus, diskon, undian berhadiah, dan lain-lain. 

Oleh karena itu, permainan harga tersebut harus melalui pertimbangan dan perincian terlebih dahulu. Jangan sampai strategi tersebut justru mengganggu kesehatan finansial perusahaan, atau bahkan menimbulkan kerugian. 

b. Strategi Pembuatan Produk Khusus

Pembuatan produk khusus merupakan salah satu strategi pemasaran air minum dalam kemasan yang cukup berani. Sebab, di sini perusahaan harus mampu membuat produk yang benar-benar inovatif dan berbeda dari lainnya.

Dari segi pengenalan pun perusahaan harus berusaha lebih maksimal, agar produk memperoleh kepercayaan dari pelanggan. Memang tidak mudah, tetapi seandainya mampu merebut pasar tersebut, maka perusahaan akan menjadi pelopor.

Contoh produk khusus yang sudah beredar di pasaran, yakni air minum oksigen, alkali, demineral, dan lain-lain. Produk-produk ini sebelumnya tidak ada, tetapi berkat penerapan strategi marketing kini justru banyak yang mencari.

c. Strategi Desain yang Unik

Tidak sedikit orang yang merasa tertarik untuk membeli sebuah produk, hanya karena desain kemasannya unik, terutama anak-anak. Oleh karena itu, perencanaan desain sebaiknya menyesuaikan kondisi target market. 

Misal, air minum kemasan untuk anak-anak, maka buatlah desain dengan karakter kartun yang sedang booming. Begitu juga saat ada pertandingan bola internasional, membuat desain dengan gambar pemain atau club dapat dijadikan alternatif. 

Namun, penting untuk memerhatikan kode etik yang berlaku pada strategi pemasaran AMDK. Sebab, beberapa karakter memiliki hak cipta yang harus melalui proses perizinan terlebih dahulu. 

d. Strategi Promo Khusus Kepada Distributor

Keberadaan distributor atau agen memiliki peranan yang cukup besar dalam strategi pemasaran produk Air Minum Dalam Kemasan. Mereka adalah ujung tombak pendistribusian dan penyaluran produk kepada konsumen secara langsung.

Oleh karena itu, membangun hubungan yang baik dengan para distributor atau agen penting untuk dilakukan. Salah satunya, yakni dengan memberikan promo menarik, agar mereka bersemangat untuk menjual produk.

Di sini, PT. Tanindo juga dapat memberi masukan jitu untuk melakukan pendekatan dengan distributor. Sebab, beberapa tenaga ahli di sana merupakan lulusan dari perusahaan yang bergerak dalam bidang food and beverage skala internasional. 

e. Strategi Sponsor

Adapun yang dimaksud dengan sponsor, yakni memberikan produk air minum kemasan secara cuma-cuma dalam acara tertentu, baik formal maupun non-formal. Misal, pertandingan olahraga, jalan santai, aksi sosial, penggalangan dana, bantuan bencana alam, dan lain-lain.  

Selain produk, perusahaan juga dapat memberikannya dalam bentuk uang tunai atau bantuan jenis lain. Pensponsoran seperti ini sudah terbukti mampu meningkatkan prestige produk di mata masyarakat.

f. Strategi Promosi

Strategi pemasaran AMDK berikutnya ialah promosi atau periklanan yang dapat dilakukan melalui media elektronik maupun media sosial. Setiap media tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Misal, media elektronik seperti televisi memang memiliki dampak pemasaran yang lebih cepat, karena dapat tayang setiap saat. Hanya saja, perusahaan perlu menyediakan dana cukup besar, karena tarif iklan dihitung berdasarkan durasi dan jumlah tayangan. 

Lain hal dengan promosi melalui media sosial yang jauh lebih hemat dan praktis, jangkauannya pun sama luas. Hanya saja, perusahaan harus menyiapkan desain unik, menarik, dan konten unik. Sebab, media sosial lebih identik dengan efek visual bukan kalimat.

g. Strategi Endorsement Public Figure

Adapun yang dimaksud dengan public figure ialah orang-orang yang memiliki pengaruh tersendiri bagi masyarakat. Beberapa di antaranya adalah artis, pejabat, YouTuber, selebgram, atlit, dan lain-lain.

Pilihlah public figure yang sesuai dengan karakteristik target market, seperti selebgram untuk menyasar konsumen dari kalangan remaja. Strategi pemasaran air mineral ini juga sudah banyak perusahaan yang menerapkannya, karena tingkat keefektifan cukup memuaskan.

h. Strategi Media Cetak

Meski terbilang cukup kuno, strategi menggunakan media cetak masih dapat dilakukan. Hanya saja penerapannya kini lebih variatif, tidak melalui koran atau majalah saja.

Perusahaan juga dapat mencetak pamflet, brosur, maupun stiker untuk dibagi-bagikan. Cara lain yang tak kalah menarik, yakni pemasangan baliho di tempat-tempat strategis, seperti perempatan jalan atau gerbang keluar perumahan. 

i. Strategi Maklon

Maklon ialah penawaran kerja sama kepada pihak lain yang berminat pada bidang pengadaan air minum, tetapi belum cukup modal. Bedanya, maklon memberikan kewenangan pada pihak terkait untuk menggunakan label dan kemasan sendiri.

Perusahaan hanya menyediakan air minum yang siap kemas, sementara untuk packing dan pendistribusian sudah menjadi urusan maklon. Langkah ini termasuk salah satu strategi pemasaran air minum kemasan terbaru yang perlu dipertimbangkan. 

Tidak semua strategi pemasaran AMDK cocok untuk perusahaan Anda, karena pengaplikasiannya tetap harus berdasarkan pada kondisi di lapangan. Oleh karena itu, keberadaan konsultan seperti PT. Tanindo dapat menjadi alternatif lain, jika Anda tidak paham dengan dunia marketing

5/5 - (1 vote)