Macam, Jenis Dan Pengetahuan Fundamental Tentang Air Minum Kemasan

Dewasa ini kebutuhan akan air minum dalam kemasan (AMDK) semakin bertambah secara drastis dari tahun ke tahun. Hal ini tentu di sebabkan oleh perilaku masyarakat modern yang cenderung ingin serba instan dan mudah. Tentu ini adalah hal yang positif bukan? Terutama untuk pengusaha air minum kemasan.

Jika kita kilas balik ke beberepa generasi yang lalu, tentu sepertinya semua orang memasak air secara mandiri tanpa melihat kelayakan atau ke sterilan dari air yang mereka buat sendiri tersebut. Pertama karena belum ada atau belum banyak perusahaan air minum yang dapat mengedukasi masyarakat tentang perusahaan mereka, lalu faktor selanjutnya adalah ekonomi yang membuat mereka ingin mengharuskan untuk membuat air sendiri meski hanya memiliki fasilitas yang seadanya.

Air Minum Kemasan

Nah, sangat berbeda memang dengan zaman sekarang yang sudah serba canggih ini. Dimana teknologi yang memiliki inovasi luar biasa dan juga informasi apapun yang telah dapat di akses oleh siapapun, termasuk tentang informasi air minum dalam kemasan.

Memang untuk sebagian orang, bisnis air minum dalam kemasan ini masih dianggap sebelah mata karena merupakan sesuatu yang remeh temeh. Namun jika ingin di telusuri lebih lanjut, tentu lah sangat menggiurkan dari segi pangsa pasar maupun profitnya.

Bagaimana tidak, air minum merupakan salah satu kebutuhan pokok untuk seluruh lapisan masyarakat. Bahkan bisa di bilang sekarang sudah tida ada lagi yang membuat air minum mereka secara mandiri karena sudah banyak tersedianya air minum dalam kemasan yang dekat dengan rumah serta kantor mereka dan juga tersedia dengan harga yang  beragam, mulai dari yang relatif murah sampai dengan harga yang ekslusif sekalipun.

Bisa di bayangkan kan pasar untuk air minum dalam kemasan ini sungguh luar biasa besarnya. Bahkan jika semakin banyak kompetitor pun tetap saja pasar yang luas ini butuh semakin banyak Perusahaan air minum dalam kemasan yang memproduksi dan mendistribusikannya.

Untuk contoh sederhananya Anda bisa lihat di sekeliling rumah atau komplek Anda pasti ada banyak yang berjualan air minum dalam kemasan baik dalam bentuk botol ataupun gallon, setiap hari pasti selalu ada saja yang beli baik dalam jumlah kecil maupun jumlah besar.

Belum lagi jika ada event event tertentu, demand atau permintaan air minum dalam kemasan semakin meningkat saja demand atau permintannya.

Sungguh menggiurkan bukan memiliki atau berbisnis air minum dalam kemasan yang banyak dianggap sebelah mata?

Macam Macam Air Minum Kemasan Yang Ada di Indonesia

Di negara kita Indonesia ini ada beberapa macam air minum kemasan yang tersedia di pasaran seperti: Botol 330 ml, Botol 600 ml, Botol 1500 ml, Gelas 240 ml, Gallon 19 Liter, serta ukuran yang lainnya.

Air minum kemasan ialah air minum yang telah di olah dengan menggunakan teknologi filtrasi tertentu agar menjadi dapat layak di konsumsi oelh tubuh manusia.

Air minum dalam kemasan yang sudah menggunakan teknologi filtrasi tententu berfungsi untuk membunuh virus dan bakteri jahat yang ada di dalam air hingga menjadi air minum yang berkualitas dan tidak membahayakan tubuh manusia.

Jenis Jenis Air Minum Kemasan

Selain tersedia berbagai macam ukuran air minum dalam kemasan (AMDK) yang ada di Indonesia, ada juga terdapat beberapa jenis jenis air minum dalam kemasan seperti di bawah ini:

1. Jenis Air Minum Dalam Kemasan Air Mineral

Jenis air minum dalam kemasan air mineral ialah air minum yang di olah dengan menggunakan filter tertentu akan tetapi masih tetap mempertahankan kadar mineral di dalam air tersebut. Jenis air mineral ini di dapat dari sumber air bawah tanah atau mata air.

2. Jenis Air Minum Dalam Kemasan Air Demineral

Jenis air minum dalam kemasan air demineral ini merupakan air minum yang di olah dengan menggunakan teknologi demineral sehingga dapat menghasilkan air yang murni atau air minum yang memiliki kandungan mineral yang rendah.

Air demineral ini di peroleh melalui proses pemurnian seperti destilasi atau pemisahan dari zat zat kimia, deionisasi atau menetralisasi ion yang positif dan ion yang negatif, pemurnian atau reverse osmosis.

3. Jenis Air Minum Dalam Kemasan Dengan Kondisi Khusus

Jenis air minum dalam kemasan dengan kondisi khusus yaitu air minum yang di olah dengan menggunakan teknologi tertentu yang di buat khusus untuk menjangkau pangsa pasar tertentu.

Biasanya jenis air minum ini menyesuaikan dengan kondisi pasar yang sedang terjadi di dalam bisnis tersebut yaitu seperti: Air Hexagonal, Air Alkaline, Air Ber Oksigen, serta Air Air lainnya.

Nah berikut tadi adalah 3 jenis air minum dalam kemasan (AMDK) yang tersedia di Indonesia. Untuk Anda yang ingin berbisnis air minum dalam kemasan baik itu produksi sendiri ataupun fokus di bagian distribusi tentu lah harus tahu ilmu fundamental terkait air minum dalam kemasan tersebut.

Air Minum Kemasan Terbaik

Faktor yang Perlu diperhatikan untuk Membangun Pabrik Air

Selain macam macam ukuran dan jenis air minum dalam kemasan, ada beberapa faktor yang perlu di perhatikan jika Anda ingin menjalankan pabrik air minum dalam kemasan (AMDK).

Nah untuk memasuki industri pabrik air mineral dalam kemasan (AMDK) ada beberapa faktor yang tentunya harus di perhatikan. ini dia beberapa faktornya:

1. Sumber Untuk Bahan Baku Pabrik Air Minum Dalam Kemasan (AMDK)

Pilihlah sumber untuk bahan baku yang memiliki kualitas terbaik dan juga kapasitas yang cukup berlimpah. Hal ini tentu akan berguna untuk keberlangsungan Pabrik Anda untuk jangka panjang.

2. Lokasi Untuk di Jadikan Pabrik Atau Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK)

Lokasi untuk Perusahaan AMDK juga merupakan salah satu poin yang paling penting untuk keberlangsungan bisnis Air minum Anda. Lokasi pabrik sebaik mungkin dekat dengan sumber air dan juga dekat dengan akses jalan yang terbaik dan strategis.

3. Pangsa Pasar Untuk Bisnis Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK)

Analisis pangsa pasar yang akan di bidik oleh perusahaan pun tidak kalah penting untuk di perhatikan agar mendukung pabrik semakin berkembang dengan lebih cepat.

4. Faktor Kebiasaan Pada Konsumen

Faktor selanjutnya yang harus di perhatikan yaitu kebiasaan daripada konsumen yang akan di bidik.

5. Strategi Marekting / Pemasaran Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK)

Tim penjualan atau marketing ialah ujung tombak dari perusahaan apapun termasuk perusahaan Air minum. Oleh karena itu Perusahaan atau pabrik AMDK milik Anda harus memiliki strategi yang baik agar perusahaan pun dapat berjalan dengan baik pula hingga berkembang dengan pesatnya.

Nah, setelah mengetahui fundamental tentang pabrik atau perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) Anda dapat segera membuka dan menjalankan pabrik air minum sesuai dengan standar BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dan juga SNI (Standar Nasional Indonesia). Selamat berjuang dan berhasil.