Target pangsa pasar adalah kebutuhan penting dalam pemasaran ataupun bisnis. Untuk meningkatkan penjualan, target pangsa pasar air minum dalam kemasan ini harus dikelompokkan dengan baik oleh perusahaan.
Memilih target pasar memang harus jeli, karena sekarang masyarakat saat ini lebih cerdas memilih produk air minum dalam kemasan yang sesuai keinginan. Masyarakat biasanya lebih cenderung memilih air minum yang lebih segar dan tidak memiliki rasa yang aneh.
Ada pula jenis masyarakat yang lebih memilih produk air minum dari merk yang sering di iklankan. Perilaku konsumen yang demikian perlu diketahui oleh perusahaan yang memproduksi air minum dalam kemasan.
Agar tetap bisa mempertahankan produknya di pasaran. Jadi, sebelum perusahaan memproduksi dan memasarkan produknya perusahaan harus bisa menentukan target pasarnya dengan efektif dan efisien.
Table of Contents
Definisi Target Pangsa Pasar Air Minum Kemasan
Dalam bahasa pemasaran pangsa pasar adalah segmen konsumen tertentu yang akan menjadi target penjualan perusahaan. Sedangkan target pangsa pasar adalah kegiatan pengelompokan konsumen berdasarkan segmentasi mereka.
Dari sanalah perusahaan atau pabrik air minum dalam kemasan memperoleh data sekaligus mengolah untuk menentukan segmen mana yang paling cocok dengan karakteristik bisnis mereka.
Target pangsa pasar untuk air minum dalam bentuk kemasan yang meningkat akan memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan meskipun banyak syarat yang harus dipenuhi dan melewati banyak proses.
Tujuan Target Pangsa Pasar
Menentukan tujuan target pangsa pasar air minum bentuk kemasan termasuk vital dan berguna untuk keberhasilan bisnis produk air minum bentuk kemasan. Dengan demikian kegiatan pemasaran produk akan lebih terarah dan berjalan secara tepat. Intinya, pasar adalah faktor penting dalam perencanaan pabrik air minum dalam kemasan.
Cara Menentukan Target Pangsa Pasar Air Minum Kemasan
Untuk menentukan target pangsa pasar air minum bentuk kemasan yang efektif, perusahaan dapat membuat kelompok-kelompok berdasarkan kategori yang telah dibuat. Untuk menentukan target pasar yang efektif dan efisien, perusahaan dapat melakukan hal-hal berikut ini;
1. Identifikasi Konsumen
Identifikasi konsumen ini sangat penting karena perusahaan akan tahu bagaimana karakter konsumen yang jadi pangsa pasarnya. Untuk mengidentifikasi konsumen ini, perlu melakukan pengelompokan berdasarkan hal berikut ini
- Geografis, dalam hal ini perusahaan perlu mengelompokkan konsumennya berdasarkan tempat tinggal atau konsumen yang akan jadi sasaran.
- Demografi, jenis pengelompokan konsumen berdasarkan jenis kelamin, usia, penghasilan dan lain sebagainya.
- Harga, jenis pengelompokan konsumen berdasarkan daya beli masing-masing sehingga perusahaan bisa menentukan harga jual produk air minum bentuk kemasan.
Setelah pengelompokkan konsumen selesai, perusahaan dapat memutuskan manakah konsumen yang sesuai dengan karakter produk air minum bentuk kemasan mereka. Pastikan pengelompokan telah dilakukan dengan pasa dan penuh pertimbangan agar perusahaan tetap berjalan dengan lancar.
2. Identifikasi Kebutuhan Target Pangsa Pasar Air Minum
Langkah selanjutnya adalah perusahaan harus mencari informasi sebanyak mungkin terkait apa yang dibutuhkan oleh target pangsa pasar air minum bentuk kemasan yang jadi sasaran. Apabila produk telah diproduksi maka manfaatkan forum bazar atau event lainnya yang berpotensi melakukan promosi semaksimal mungkin.
Dengan demikian akan mudah bagi perusahaan dalam memperkenalkan produk serta mengetahui respon atas produk yang telah dihasilkan. Pada saat itu juga bisa melakukan survei terkait produk tersebut. Lakukan tanya jawab tentang kelebihan dan kekurangan produk yang ditawarkan serta hal apa saja yang perlu diperbaiki.
3. Analisa Kebutuhan Pasar
Sebuah perusahaan harus bisa mengetahui kebutuhan target pasar, meskipun pada dasarnya tidak semua kebutuhan tersebut bisa terpenuhi melalui produk air minum bentuk kemasan.
Hal yang berkaitan dengan produk dan besar biaya yang dibutuhkan untuk perbaikan kekurangan produk. Pertimbangkan dengan bijak karena hal tersebut akan berpengaruh pada kelangsungan produk.
4. Strategi Pemasaran yang Tepat untuk Pasar Air Minum dalam bentuk Kemasan
Semua bisnis wajib punya strategi pemasaran. Strategi pemasaran akan menentukan respon dari target pangsa pasar air minum kemasan yang telah ditentukan. Agar lebih efektif sebaiknya perusahaan membuat strategi pemasaran yang sesuai dengan karakteristik konsumen yang di target.
Misalnya strategi pemasaran yang tepat untuk air minum bentuk kemasan adalah dengan memasarkannya pada event-event tertentu misalnya arisan, PKK atau acara lainnya yang membutuhkan banyak air minum dalam bentuk kemasan.
Biasanya panitia acara lebih suka menyajikan air minum bentuk kemasan karena lebih praktis. Di sinilah perusahaan bisa menawarkan produknya. Baik produk biasa atau produk premium.
Selain memanfaatkan acara tertentu, hadirnya media sosial juga bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan merk air minum kemasan tersebut. Jika perlu dan ada dana berlebih perusahaan air minum dapat memanfaatkan jasa influencer, selebgram atau public figur untuk memperkenalkan produk.
5. Evaluasi Respon Pasar
Tujuan dari di lakukannya evaluasi respon target pangsa pasar air minum kemasan adalah untuk mengetahui apakah perusahaan dapat menjawab dan memenuhi apa yang menjadi kebutuhan para konsumen.
Apabila dalam evaluasi tersebut masih terdapat kekurangan, perusahaan dapat mengetahui manakah yang butuh perbaikan sebagai bentuk inovasi ke depannya. Langkah ini dianggap efektif dan efisien dalam mengukur kekuatan strategi pemasaran yang telah dibuat.
Dengan demikian perusahaan dapat menentukan cara bertahan dan meningkatkan penjualan produk. Evaluasi sebaiknya dilakukan dalam kurun waktu tertentu untuk mengamati perkembangan produk.
Manfaat Menentukan Target Pangsa Pasar Bagi Perusahaan
Setelah mengetahui bagaimana cara menentukan target pangsa pasar air minum kemasan, setiap perusahaan juga wajib mengetahui tentang manfaatnya bagi perusahaan. Tentunya memudahkan perusahaan dalam meningkatkan kualitas produk yang ditawarkan. Apa saja manfaatnya, berikut rangkuman lengkapnya;
1. Membantu Memudahkan Perusahaan dalam Menyesuaikan Produk dan Strategi Pemasarannya.
Setiap produk, pasti jelas beda pemasarannya. Jadi, perusahaan harus bisa menentukan strategi pemasaran yang pas untuk tiap produknya agar tidak gagal. Bagaimana pun perusahaan tidak ada yang ingin gagal saat memasarkan produknya.
2. Perusahaan Akan Mudah dalam Mengantisipasi Adanya Pesaing Lainnya.
Mengetahui siapa dan bagaimana target pangsa pasar air minum kemasan juga bermanfaat bagi perusahaan untuk mengantisipasi jika muncul pesaing baru atau lama dengan membuat strategi pemasaran yang berbeda.
3. Lebih Efektif Memanfaatkan SDM
Tidak semua perusahaan air minum dalam kemasan memiliki SDM yang melimpah apalagi di masa awal pendirian. SDM yang terbatas inilah yang mengharuskan perusahaan agar bisa menentukan target pangsa pasar ideal yang sesuai dengan produk agar kinerja SDM lebih efisien dan efektif.
4. Perusahaan Lebih Mampu Membidik Pangsa Pasar yang Lebih Luas
Semakin besar perusahaan tentunya target pangsa pasar air minum kemasan juga harusnya semakin luas. Itulah mengapa perusahaan harus pandai menentukan target pasarnya.
Agar lingkup pasarnya tidak terbatas sama ketika menawarkan produk pertama kali. Artinya jika sama, maka perusahaan dianggap tidak bisa berkembang dan meluaskan pasar.
5. Memudahkan Pengaturan Produk yang Berkualitas
Manfaat lain dari menentukan target pangsa pasar air minum dalam kemasan adalah memudahkan bagi perusahaan untuk mengatur produk mana yang berkualitas dan produk yang sesuai dengan kelas pasar. Perusahaan tidak mungkin memberikan produk pasar kelas atas pada pasar kelas bawah karena daya belinya pasti berbeda.
Menentukan target pangsa pasar air minum dalam kemasan harus dipahami betul oleh perusahaan air minum dalam kemasan. Jika telah menemukan pangsa pasar yang tepat akan semakin mudah dalam memasarkan produk dan mengembangkan perusahaan menjadi lebih besar lagi.