Logo adalah bagian utama dari branding bisnis air minum dalam kemasan. Logo merupakan kontak visual yang pertama kali dilihat oleh target ataupun klien potensial. Anda harus memahami pentingnya logo Produk AMDK dan tagline bagi perkembangan usaha karena kedua hal ini akan mewakili merek bisnis pabrik Air minum dalam kemasan.
Ketika membuat sebuah logo dan tagline, Anda harus memahami pentingnya logo dalam organisasi. Sebuah logo harus benar-benar mewakili merek dan dapat langsung terhubung dengan konsumen. Desain bisa berubah tergantung perkembangan bisnis, namun pada dasarnya terdapat 5 hal utama yang harus dimiliki oleh setiap logo.
Table of Contents
5 Karakteristik Pentingnya Logo Produk AMDK yang Harus Dimiliki Oleh Logo Merek AMDK
Setiap logo adalah unik, dan ini akan membuat pelanggan langsung dapat mengenali bisnis Anda. Pentingnya logo adalah, saat mereka melihatnya, pelanggan akan langsung terhubung dengan merek perusahaan air minum dalam kemasan Anda. Berikut adalah 5 karakteristik yang harus dimiliki oleh sebuah logo:
Sederhana
Kemampuan fokus terhadap sebuah logo cuma berlangsung secara singkat. Pelanggan hanya akan mudah mengenali dan mengingat sebuah desain logo yang sederhana. Oleh karenanya, alasan memilih logo yang simpel adalah agar konsumen mampu mengetahui kepribadian merek Anda secara ringkas dan efektif.
Aspek utama dalam pentingnya logo yang sederhana adalah penggunaan elemen sesedikit mungkin, namun mampu menyampaikan identitas merek Anda. Penggunaan simbol adalah cara yang paling ampuh untuk membuat logo yang sederhana.
Pentingnya Logo, Harus Relevan
Sebuah logo harus relevan dengan target pasar. Utamanya adalah, Manfaat logo adalah mengomunikasikan kepribadian dan identitas merek perusahaan air minum dalam kemasan. Komponen yang berperan dalam pembuatan logo adalah penggunaan warna, bentuk huruf, dan penggunaan simbol yang tepat.
Warna
Warna dapat memicu emosi yang berbeda. Gunakan warna yang tepat untuk menunjukkan kepribadian merek produk air minum dalam kemasan kepada konsumen. Agar memberi kesan natural dan sehat, perusahan dapat memilih warna hijau, biru, dan putih.
Namun, jika target Anda adalah kaum muda yang enerjik, pilihlah warna-warna cerah untuk menyampaikan ide tentang energi, semangat, dan kegembiraan.
Huruf
Bentuk huruf bisa menggambarkan nilai dan tone yang dimiliki oleh merek perusahaan air minum dalam kemasan. Misalnya penggunaan huruf tegak akan memberikan kesan bersih, modern, dan simpel. Jenis huruf ini dapat Anda gunakan untuk mendesain logo.
Simbol
Simbol menjadi kunci visual untuk logo perusahaan air minum dalam kemasan. Simbol dibuat untuk dapat menjadi versi sederhana dari sebuah logo.
Mudah Diingat
Sebuah logo harus mudah diingat bahkan ketika pertama kali seseorang melihatnya.
Apa pentingnya membuat brand dan logo dalam usaha? Ketika seseorang dapat mengingat logo dan merek Anda dengan mudah, mereka pasti langsung menghubungkannya dengan perusahaan Anda. Oleh karena itu, Anda harus berusaha menjadikannya unik dan menonjol di antara yang lain.
Abadi
Anda mungkin tergoda untuk membuat logo yang menuruti tren desain saat ini, namun pikirkan ulang. Membuat logo yang mengikuti tren belum tentu menjadi keputusan terbaik. Logo itu mungkin terlihat bagus di masa kini, entah di masa depan. Bisa saja Anda perlu mendesain ulang agar tetap mengikuti zaman.
Sebaliknya, logo abadi akan tetap relevan dan melekat di benak pelanggan. Logo seperti ini sederhana, fokus pada kualitas dan maknanya, daripada sekadar bermain dengan aneka bentuk dan warna. Ia akan menghilangkan elemen yang tidak perlu, bentuk-bentuk ekstrim, dan hanya fokus pada nilai merek produk.
Serbaguna
Logo yang baik dapat digunakan dalam aneka cara dan bentuk, serta berbagai situasi. Ini membicarakan tentang penempatan desain pada berbagai media. Buatlah desain yang mudah jika hendak berganti ukuran, dicetak, atau ditempatkan pada bermacam media yang berbeda.
Mudahnya menempatkan logo dalam bentuk apapun membuat merek produk air minum dalam kemasan akan lebih jelas terlihat. Agar logo menjadi fleksibel, buatlah desain dalam format yang mendukung. Saat Anda mengecilkan ukuran, logo masih jelas terbaca. Ketika Anda membesarkan ukuran untuk spanduk, gambarnya tidak akan terdistorsi.
Selain mendesain sebuah logo yang mudah diingat, ada satu hal lagi yang tidak bisa dilewatkan, yaitu tagline atau slogan. Apakah yang dimaksud dengan slogan dan apa manfaatnya bagi branding bisnis AMDK? Mari simak pembahasannya di bawah ini.
Selain Pentingnya Logo Produk AMDK, Inilah Manfaat Tagline (Slogan) untuk Branding
Tagline atau slogan adalah kalimat singkat yang berfungsi untuk mengomunikasikan pesan tentang merek produk AMDK. Slogan berperan dalam menyampaikan misi, layanan, dan produk perusahaan AMDK. Penyampaian misi dilakukan secara singkat agar audiens mudah untuk mengingatnya.
Slogan dapat menggambarkan tentang produk AMDK, atau sekumpulan kata-kata yang mengulik emosi audiens. Contoh slogan yang menggambarkan produk air mineral dalam kemasan misalnya:
“Kini air murni ada di genggaman anda”.
“Sesegar air pegunungan”.
Adapun tulisan seperti,”Saya menyukainya,” merupakan slogan yang menyampaikan emosi. Slogan ini meng komunikasikan apa yang dirasakan oleh seseorang ketika mengonsumsi produk AMDK dari perusahaan Anda.
Selain dua contoh di atas, Anda dapat menggunakan slogan yang mencerminkan produk sebagai merek terpercaya. Slogan ini berfungsi untuk menunjukkan kredibilitas merek AMDK. “Telah melayani lebih dari 20 tahun,” akan menggambarkan bisnis sebagai sesuatu yang telah mantap dan dapat diandalkan.
Selain mudah diingat, slogan yang efektif harus terdengar menyenangkan bahkan jika disebut berulang-ulang. Meski tidak menggambarkan produk secara jelas, tetapi slogan dapat membangkitkan perasaan yang membuat pelanggan paham dengan merek Anda. Lalu, bagaimana cara yang tepat membuat sebuah slogan?
Cara Membuat Slogan yang Tajam
Slogan adalah versi singkat yang dari pernyataan misi merek Anda. Secara internal, misi merupakan panduan bagi perusahaan dalam kegiatan operasional. Secara eksternal, slogan yang akan melakukannya. Slogan akan mengomunikasikan inti dari misi dan membaginya ke luar perusahaan.
Pilihlah slogan yang ringkas namun tajam dan mampu memberitahukan audiens mengenai sesuatu yang penting pada merek bisnis AMDK. Berikut adalah beberapa tip yang bisa membantu Anda untuk membuat slogan:
Menggambarkan Produk
Kenapa logo itu penting? Selain logo, slogan merupakan cara untuk menggambarkan produk AMDK. Slogan sangat berguna bagi bisnis yang belum menghasilkan brand awareness dari pelanggan merek, biasanya pada perusahaan yang baru beroperasi.
Perusahaan AMDK dapat menampilkan slogan yang sederhana, seperti,”Segarnya tiada tara.” Slogan ini menjelaskan rasa yang diperoleh setelah mengonsumsi produk AMDK sehingga menarik perhatian pelanggan. Deskripsi produk secara langsung mungkin akan lebih menarik.
Membangkitkan Emosi
Menggunakan slogan AMDK seperti “Kesegaran tiada tara,” maka secara bersamaan akan menggambarkan produk dan membangkitkan emosi audiens. Tidak hanya memberikan gambaran tentang air mineral, namun masih ditambah dengan sisi emosional karena rasa segar yang tidak dapat diukur.
Slogan lain seperti “Karena keluarga sangat berharga,” merupakan logo yang bersifat murni emosional. Slogan seperti ini dapat membangkitkan respons emosional yang kuat. Pesan yang tersirat adalah, dengan membeli produk Anda maka audiens adalah seseorang yang sangat peduli terhadap keluarga.
Mudah Diingat
Slogan harus mudah diingat dan pendek; biasanya tidak lebih dari empat atau lima kata. Anda bisa menggunakan kalimat dengan rima yang menyenangkan, mengulang kata, atau bermain kata.
Mengingat pentingnya logo produk AMDK dan slogan bagi branding perusahaan AMDK, maka Anda harus mendesainnya dengan cermat. Gunakan logo dan slogan di halaman situs web dan semua media promosi. Pastikan isi logo dan slogan telah selaras dengan misi perusahaan.