Strategi event AMDK

Strategi event AMDK

Strategi event AMDK adalah sebuah taktik pemasaran dengan menyelenggarakan atau berpartisipasi dalam sebuah acara. Strategi ini bertujuan untuk menjangkau secara langsung dan menciptakan sebuah hubungan baru dengan pelanggan, prospek, atau target pasar yang potensial.

Walaupun perusahaan mulai mengalihkan teknik marketing ke arah digital, namun hal ini tidak bisa menggantikan strategi event. Strategi pemasaran pabrik air minum dalam kemasan dengan menyelenggarakan event selalu dapat menciptakan pengalaman yang berkesan bagi orang-orang yang terlibat.

Manfaat Strategi Event AMDK

Perusahaan AMDK menganggap bahwa menyelenggarakan sebuah event dapat menawarkan peluang untuk mendapatkan hubungan yang bermanfaat. Inilah beberapa kegunaan strategi event air minum dalam kemasan (AMDK).

Meningkatkan Kredibilitas

Teknik pemasaran dengan menyelenggarakan event akan memberikan perusahaan air minum dalam kemasan memiliki kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan pelanggan, prospek, ataupun target pasar. Orang-orang akan melihat dan mempercayai bisnis Anda dan Anda mendapatkan peluang bagus untuk memperoleh kontak

Merebut Klien Potensial

Mengadakan atau berpartisipasi dalam sebuah event adalah sebuah cara yang sehat untuk merebut klien potensial. Strategi event AMDK dengan mengumpulkan audiens bisa menjadikan mereka sebagai target potensial yang kelak memiliki kemungkinan menjadi pelanggan loyal.

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Pengalaman positif yang didapatkan oleh pelanggan dapat menciptakan hubungan yang kuat dengan bisnis Anda. Mengadakan atau turut berpartisipasi dalam sebuah event adalah sebuah strategi depot air minum yang berpeluang bagus untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

Strategi Event AMDK Dapat Meningkatkan Jangkauan Secara Online

Pemasaran dengan event ternyata terbukti dapat meningkatkan kehadiran bisnis AMDK secara online. Sebuah survei mengatakan bahwa hampir 50% peserta event membagikan pengalaman mereka di media sosial. Hal  ini sangat baik bagi bisnis karena dapat meningkatkan jangkauan dan brand awareness.

Demikianlah beberapa manfaat melakukan pemasaran dengan mengadakan event. Setelah memahami manfaatnya bagi bisnis, maka dalam proposal strategi pemasaran air minum dalam kemasan Anda harus memasukkan teknik ini. Berikut adalah cara pemasaran event yang bisa dilakukan oleh perusahaan AMDK.

7 Contoh Cara Pemasaran AMDK dengan Event

Berbagai strategi event AMDK seperti konferensi maupun olahraga bisa menjadi cara terbaik untuk menggaet perhatian. Berikut adalah 8 contoh pemasaran event yang dapat menjadi inspirasi untuk kegiatan marketing perusahaan AMDK.

Mengadakan Konferensi

Konferensi merupakan pertemuan besar dari para leader, pemikir, influencer bagi sebuah bisnis, ataupun pertemuan para perusahaan raksasa. Konferensi bisa menjadi ajang menjalin relasi yang tepat karena bisanya acara ini membawa magnet bagi banyak orang dengan berbagai aktivitas.

Apabila menggunakan konferensi sebagai media untuk mempromosikan AMDK, pastikan untuk menampilkan produk yang hendak Anda unggulkan. Gunakan produk Anda untuk dinikmati dan dapat menciptakan pengalaman baik bagi klien potensial di acara tersebut.

Pastikan juga bahwa identitas merek AMDK memberi kesan kuat bagi para peserta yang hadir. Rancang materi acara yang tepat dan sesuai dengan produk Anda, termasuk dekorasi yang cocok dengan merek bisnis AMDK.

 Mengadakan Seminar

Seminar sering kali diadakan di tempat yang lebih kecil dengan jumlah peserta yang terbatas. Meski demikian, perusahan dapat melakukan kegiatan promosi secara lebih maksimal. Anda bisa berkontribusi dengan menyediakan produk, memasang logo pada berbagai atribut, atau memberikan perlengkapan seminar.

Seminar adalah salah satu strategi untuk meningkatkan penjualan air mineral yang sangat bagus karena berfungsi untuk mengedukasi pasar. Anda harus membuat konten acara yang berisi permasalahan yang dihadapi saat ini, memberikan solusi, dan mendorong target untuk menggunakan produk AMDK.

Tentu saja Anda harus mengemas kegiatan promosi hingga tidak terlalu mencolok. Misalnya, Anda mengadakan seminar tentang manfaat air mineral, maka masukkan kata-kata promosi air mineral ke dalam materi sebagai contoh konkrit. Tujuannya adalah agar peserta tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk Anda.

Membuat Acara Jaringan

Buatlah sebuah acara yang dapat menghubungkan orang-orang dengan minat yang sama. Bagi bisnis air minum dalam kemasan (AMDK), sangat tepat jika membuat acara yang berorientasi pada kuliner. Meski demikian, Anda juga bisa membuat acara lain seperti klub buku, talkshow kesehatan, hingga pertemuan para alumni.

Jika ada bisnis yang berminat dengan acara jaringan ini, Anda dapat mengajak mereka untuk bekerja sama. Hal ini bisa meningkatkan kemungkinan mendapatkan mitra bisnis potensial. Selain itu Anda bisa mendapat keuntungan karena menghemat biaya.

Menggelar Acara Olahraga

Acara olahraga seperti jalan sehat, bersepeda santai, hingga lari marathon adalah strategi event air minum dalam kemasan (AMDK) yang efektif menghasilkan pembeli potensial. Acara seperti ini dapat menjangkau teman dan keluarga peserta secara organik. Mereka secara langsung maupun tidak langsung akan menyebarkan produk AMDK.

Buatlah event dengan tema dan aneka hadiah yang menarik. Anda bisa bekerjasama dengan perusahaan lain yang memiliki usaha berbeda untuk menekan biaya. Acara harus matang dipromosikan sedini mungkin untuk memberikan kesempatan bagi para peserta agar dapat mempersiapkan diri.

Seandainya Anda bukan pihak penyelenggara, maka pastikan untuk menjalin kerjasama yang baik dengan organisasi yang mengadakan acara. Tanyakan kepada organisasi tersebut tentang cara perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) dapat memberikan kontribusi dalam acara ini.

Di lain pihak, pastikan bahwa Anda dapat menampilkan perusahaan dan produk bersama dengan organisasi penyelenggara. Misalnya menyediakan produk AMDK, mendirikan stan di garis akhir ataupun di setiap titik strategis. Anda juga bisa  memberikan hadiah bagi pemenang, dan memasang logo perusahaan pada spanduk.

Membuat Acara Undian

Anda bisa membuat acara undian yang berbarengan dengan acara olahraga ataupun musik. Berikan syarat minimal pembelian produk untuk mendapatkan satu kupon undian. Acara seperti ini selain menghasilkan penjualan secara signifikan dalam waktu sesaat, juga mampu meningkatkan brand awareness bagi para pelanggan.

Peluncuran Produk

Perusahaan AMDK memanfaatkan acara peluncuran produk untuk memamerkan produk yang baru kepada prospek atau pelanggan yang sudah ada. Tujuannya adalah untuk membuat prospek dan pembeli mengetahui tentang manfaat dari produk AMDK yang baru diluncurkan sehingga meningkatkan minat beli mereka.

Talk Show dengan Tamu Spesial

Memanfaatkan bintang tamu untuk mengisi sebuah acara Talk Show yang Anda gelar bisa mendatangkan banyak audiens. Hal ini berguna untuk menambah database dan meningkatkan kemungkinan menjadikan mereka sebagai klien potensial.  

 Acara talk show bermanfaat untuk meningkatkan imej perusahaan. Oleh karenanya, pilihlah bintang tamu yang mampu mengisi acara secara inspiratif dan cerdas. Sebagai contoh, Anda bisa memilih selebritis yang menganut hidup sehat dan menyesuaikan materi percakapan dengan produk AMDK.

Pilih bintang tamu yang memiliki pengalaman hidup yang berguna untuk disebarkan kepada orang lain. Mereka tidak harus selebritas besar untuk menarik perhatian banyak orang, namun bisa jadi seorang pakar di bidangnya masing-masing. Anda bisa memilih seorang chef, atau seseorang yang memberi kontribusi positif bagi lingkungan, hingga pebisnis yang memiliki yayasan amal.

Strategi event AMDK adalah alat pemasaran yang kuat untuk meningkatkan branding. Anda bisa membangun dan memelihara hubungan dengan pelanggan, mendapatkan pelanggan baru, dan menciptakan kemitraan dengan perusahaan lain.

5/5 - (1 vote)