Saat menentukan produk yang dihasilkan, pabrik Air minum dalam kemasan (AMDK) harus memperhatikan faktor perilaku dan budaya konsumen AMDK. Pengetahuan mengenai perilaku konsumen akan membantu perusahaan dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat sasaran.
Keputusan konsumen dalam pembelian produk sangat beragam. Hal ini bisa disebabkan karena konsumen berasal dari berbagai segmen sehingga memiliki kebutuhan dan keinginan yang beragam. Selain itu, faktor budaya dan perilaku juga dapat memengaruhi keputusan pembelian produk. Simak penjelasannya berikut ini.
Table of Contents
10 Perilaku KonsumenAir Minum Dalam Kemasan yang Memengaruhi Keputusan Membeli Air Minum Kemasan
Banyak faktor yang berpengaruh keputusan konsumen AMDK saat ingin membeli produk. Perusahaan AMDK harus jeli dalam memahami perilaku konsumen terhadap produk agar menghasilkan strategi marketing yang tepat. Berikut adalah beberapa perilaku konsumen yang berdampak, serta strategi yang dapat dilakukan.
Sering Mengadakan Pesta atau Upacara Adat
Penduduk di Indonesia identik sebagai masyarakat yang masih memegang teguh kebudayaan dan adat istiadat. Beragam upacara adat, tradisi, dan upacara keagamaan masih dilaksanakan secara rutin sepanjang waktu di beberapa daerah tertentu.
Adanya kebiasaan melangsungkan upacara secara rutin akan memengaruhi Konsumen AMDK dalam mengonsumsi air minum kemasan. Jenis ini akan menggunakan produk air kemasan gelas dalam jumlah yang lebih banyak dibanding mengonsumsi produk air botol atau galon.
Menghadapi kondisi seperti ini, maka pabrik AMDK yang berada di daerah tersebut harus memiliki strategi yang mampu menyerap kebutuhan masyarakat sekitar. Salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah menambah jumlah mesin untuk meningkatkan kapasitas produksi air minum kemasan gelas.
Konsumen Air Minum Dalam Kemasan yang Sangat Sensitif Terhadap Harga
Perlu dipahami bahwa terdapat konsumen AMDK yang sangat sensitif terhadap harga. Konsumen jenis ini akan gampang beralih ke produk lain yang terbukti memiliki harga yang lebih murah, meski kualitasnya belum diketahui.
Apabila perusahaan AMDK berada pada lingkungan masyarakat dengan kebiasaan seperti ini, maka harus memiliki strategi yang jitu untuk mencegah kerugian. Sebaiknya lakukan efisiensi biaya semaksimal mungkin sehingga kerugian yang diterima tidak terlalu besar karena omset yang minim.
Anda harus meningkatkan efisiensi pada semua elemen bahan baku produksi serta biaya operasional perusahaan agar dapat menekan harga. Keberhasilan melakukan efisiensi biaya akan membuat perusahaan mampu menetapkan harga jual yang mampu bersaing bagi konsumen AMDK yang sensitif terhadap harga.
Konsumen yang Mayoritas Kegiatannya Berada di Luar Rumah
Bagi masyarakat perkotaan yang memiliki mobilitas tinggi, mengonsumsi air minum kemasan adalah solusi yang praktis untuk memenuhi kebutuhan cairan. Air minum kemasan botol menjadi pilihan yang utama bagi konsumen jenis ini.
Air minum kemasan botol berukuran 330 ml menjadi produk yang diunggulkan oleh pabrik AMDK untuk melayani jenis konsumen dengan mobilitas yang tinggi. Perkantoran maupun tempat-tempat pertemuan juga menggunakan air minum kemasan botol berukuran 330 ml saat melangsungkan acara yang formal.
Konsumen yang Mementingkan Kualitas dan Kesehatan
Konsumen dengan perilaku seperti ini memiliki potensi yang sangat tinggi untuk menjadi pelanggan setia. Biasanya, perusahaan AMDK akan sulit menembus pasar tersebut di awal pergerakan. Hal ini disebabkan karena konsumen dengan tingkat kepedulian yang tinggi akan kesehatan past sulit untuk pindah ke produk lain.
Namun, jika perusahaan AMDK mampu memahami keinginan dan memberikan produk yang memenuhi harapan, maka konsumen ini akan menjadi pelanggan setia. Perusahaan AMDK harus selalu menjaga proses produksi agar produk air minum kemasan yang dihasilkan tetap terjaga mutunya.
Konsumen yang sadar akan kesehatan dan pentingnya mengonsumsi air minum kemasan yang berkualitas tidak akan mempermasalahkan harga. Mereka tidak terlalu sensitif dengan harga yang tinggi dan berani membayar lebih asalkan mendapatkan produk dengan kualitas terbaik.
Perusahaan AMDK harus menggunakan alat-alat yang terbaik untuk proses produksi. Kegiatan ini akan menghasilkan produk yang higienis dan memiliki kualitas yang tinggi. Produk dengan kualitas yang terbaik memungkinkan perusahaan AMDK menetapkan harga jual yang tinggi dibanding pesaingnya.
Perilaku dan Budaya yang Mementingkan Prestise
Masih banyak masyarakat yang lebih mementingkan prestise saat mengonsumsi sebuah produk, daripada membeli produk dengan harga yang murah. Konsumen seperti ini rela merogoh dompet dalam-dalam untuk membeli produk demi eksistensi diri dan meningkatkan gaya hidupnya.
Melayani konsumen jenis ini, perusahaan AMDK harus berusaha secara maksimal untuk meningkatkan brand image atau citra merek dari produknya. Merek yang sedang hits pasti akan menjadi rebutan konsumen tipe ini. Semakin tinggi citra merek produk Anda akan berpengaruh pada meningkatnya nilai penjualan.
Agar citra merek produk Anda meningkat, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, antara lain:
Membuat Desain dan Logo yang Menarik
Logo merupakan identitas dari produk AMDK, oleh karena itu buatlah desain dan logo yang menarik dan gampang diingat. Logo semestinya harus unik, enak dan nyaman dilihat, serta sesuai dengan selera pasar agar produk mudah dikenali. Hal ini dapat memengaruhi perkembangan dan tingkat penjualan produk AMDK.
Promosi Rutin dan Efektif
Lakukanlah promosi secara rutin dan efektif. Anda harus membuat daftar target pasar yang hendak disasar agar promosi menjadi tepat sasaran. Perusahaan harus melakukan promosi pada media yang tepat, dan konten yang disusun harus menarik agar calon konsumen mau membacanya.
Memanfaatkan Media Sosial
Meningkatkan citra produk dapat dilakukan dengan memanfaatkan media sosial di internet. Sekarang, Anda bisa menggunakan aneka platform seperti Facebook, Instagram, Youtube, dan lain-lain. Penggunaan media sosial memungkinkan untuk menyebarkan manfaat produk, menjawab pertanyaan, atau menginfokan promo.
Memanfaatkan Jasa Influencer
Memanfaatkan jasa influencer untuk meningkatkan citra produk adalah salah satu cara yang efektif belakangan ini. Influencer dapat menarik minat calon konsumen, dan pada akhirnya mampu membangkitkan keinginan untuk membeli produk Anda. Sebaiknya gunakan jasa influencer dengan profil yang cocok bagi produk AMDK.
Menjaga dan Meningkatkan Kualitas Produk
Hal yang paling utama dan efektif untuk meningkatkan citra produk adalah menjaga dan meningkatkan kualitas produk untuk mencapai kepuasan konsumen. Konsumen yang merasa puas cenderung menjadi pelanggan setia, mereka akan selalu melakukan pembelian ulang dan tidak pernah berpikir untuk pindah ke pesaing.
Perusahaan AMDK yang telah mengenal perilaku konsumen pada akhirnya dapat melakukan strategi berupa penetapan harga jual. Penetapan harga ini memiliki tujuan yang penting, di antaranya untuk mencapai target perusahaan dan mendapatkan keuntungan dari penjualan.
Perusahan AMDK telah membuat perencanaan yang memuat besarnya keuntungan dari sebuah proses produksi. Penetapan atas besarnya keuntungan berbentuk persentase. Agar persentase tersebut dapat tercapai, maka perusahaan AMDK memerlukan penetapan harga atas air minum dalam kemasan yang diproduksinya.
Penetapan harga penting artinya bagi peningkatan dan pengembangan produksi pabrik Air Minum Kemasan, serta untuk memperluas target pasar. Apabila perusahaan AMDK telah mendapatkan jejaring pemasaran yang luas, maka perusahaan ini harus mempertahankan dan mengembangkannya.
Oleh karena itu, kebijakan penetapan harga sangat dibutuhkan agar tidak sampai merugikan usaha yang telah berjalan. Memahami perilaku Konsumen Air Minum Dalam Kemasan memegang peranan penting dalam merancang strategi pemasaran hingga melakukan penetapan harga.