Bagi Anda pemilik usaha Pabrik air minum dalam kemasan (AMDK), Tentu ingin menjangkau kaum muda, terutama generasi akhir milenial dan Z. Caranya adalah dengan memposisikan produk berada di antara mereka. Salah satunya dengan menggunakan strategi pemasaran online AMDK melalui TikTok.
Hal ini karena hingga saat ini pengguna TikTok meningkat pesat dan kebanyakan dari mereka adalah kaum muda. Jadi, dengan memperkuat branding melalui media sosial dari Tiongkok ini, Anda bisa membuat produk air minum kemasan tersebut familier bagi mereka.
Table of Contents
Alasan TikTok Cocok Untuk Strategi Pemasaran Online AMDK
Dalam menyusun sebuah strategi pemasaran AMDK, perlu melakukan persiapan, termasuk menentukan target dan cara untuk menjangkaunya. Untuk target kaum milenial, sosial media, terutama TikTok bisa jadi sangat efektif. Agar lebih jelas, bisa menyimak penjelasan di bawah ini.
1. Memiliki Jutaan Pengguna Aktif
TikTok merupakan salah satu media sosial yang tergolong baru, tetapi mencatatkan lonjakan pengguna yang cukup menjanjikan. Saat ini ada sekitar 500 juta pengguna aktif yang tentu saja potensial untuk menjadi calon pelanggan air minum dalam kemasan kita.
Hal ini karena, karakteristik penggunanya mudah mengikuti tren dan meniru apa pun yang menjadi viral. Dengan cara persuasif yang tepat, produk air minum dalam kemasan Anda dapat masuk segmen pasar ini dengan baik.
2. Berbasis Video
Strategi pemasaran di TikTok juga cukup efektif karena basisnya adalah konten video. Efektivitas ini juga berlaku pada strategi pemasaran online AMDK. Dengan adanya konten video, penyampaian edukasi produk jadi lebih lengkap, detail, sekaligus menarik.
Meskipun demikian, tidak hanya gambar bergerak, konten di TikTok juga bisa berupa kumpulan slide yang menarik. Bagaimanapun, sebuah konten visual jauh lebih berkesan apabila Anda membandingkannya dengan sekadar teks saja.
3. Ada Banyak Influencer Di TikTok
Influencer adalah orang yang memberikan pengaruh kepada sekelompok followers (pengikut). Biasanya, para pengikut ini tertarik untuk meniru hal-hal yang ada pada panutannya tersebut. contohnya bagaimana cara mereka berpakaian, dan apa saja yang mereka konsumsi.
4. Interaksi Lebih Sehat
Strategi pemasaran online AMDK melalui media sosial berbasis video ini bisa efektif, karena interaksi di TikTok cenderung lebih sehat. Berbeda dengan media sosial lainnya yang sudah terkontaminasi banyak hate speech.
Dengan demikian, untuk promosi, di TikTok tergolong lebih aman, karena iklan Anda tentang air minum dalam kemasan mendapatkan viewer yang tidak menghujat. Jadi, respon negatif dapat lebih minim.
5. Memiliki Tingkat Share Tinggi
Viewer di TikTok mudah membagikan konten yang menurut mereka menarik, lucu, atau bermanfaat. Tentu saja hal ini dapat membantu meningkatkan visibilitas konten Anda, contohnya berupa edukasi terhadap pentingnya konsumsi air minum dalam kemasan.
Semakin banyak orang yang membagikan konten Anda, tentu akan lebih baik. Strategi pemasaran online AMDK dengan tujuan memperkuat branding dapat segera tercapai.
Penerapan Strategi Pemasaran Online AMDK Melalui TikTok
Setelah mengetahui alasan menggunakan TikTok sebagai strategi pemasaran online AMDK, tentu perlu menyusun penerapannya. Anda beberapa langkah yang dapat Ada lakukan untuk memperkenalkan dan meningkatkan penjualan, seperti yang ada di bawah ini.
1. Rutin Mengunggah Konten
Apabila memutuskan menerapkan strategi pemasaran online AMDK melalui TikTok, Anda harus memastikan untuk rutin dan konsisten dalam mengunggah konten. Posting sekali dalam satu atau dua hari, jauh lebih efektif daripada sering melakukannya, kemudian lama menghilang.
Ketika Anda rutin posting. Produk AMDK tersebut akan sering muncul di beranda followers. Pada akhirnya, alam bawah sadar mereka akan mengingatnya. Nantinya, akan terbentuk suatu preferensi untuk memilih produk Anda.
Agar memudahkan, buatlah rencana konten bulanan, sehingga dapat mempersiapkan sebelumnya. Jika tidak, ada kalanya akan merasa kewalahan dan bingung harus membuat konten apa lagi. Perencanaan bulanan juga membuat Anda bisa menyesuaikan konten dengan momen khusus di kalender.
2. Variasikan Konten
Akun TikTok Anda akan tampak membosankan apabila jenis kontennya itu-itu saja. Meskipun ingin membentuk branding dan mengedukasi pentingnya mengkonsumsi AMDK, sebaiknya variasikan dengan jenis konten lain.
Contohnya konten lucu, behind the scene pembuatan botol kemasan air minum, atau melakukan even hashtag. Ajak followers memposting konten berkaitan dengan produk AMDK Anda dengan menyertakan hashtag unik tertentu. Selain meningkatkan engagement, cara ini membantu visibilitas akun dan produk tersebut.
HIndari postingan yang melulu bersifat menjual. Sebaliknya, buatlah yang mendorong orang untuk menantikan konten dari Anda. Meskipun demikian, konten hard selling tetap perlu untuk menarik viewer membeli AMDK tersebut.
3. Menggaet Influencer Dalam Kerjasama
strategi pemasaran online AMDK melalui kerjasama dengan influencer dapat membuat semakin banyak orang menggunakan produk tersebut. Karakteristik followers sebagai peniru dapat memicu mereka untuk turut meminum produk yang sama dengan panutannya, yaitu air minum kemasan Anda.
Hanya saja, hindari asal memilih influencer. Pilihlah sosok panutan yang memiliki citra sesuai dengan perusahaan Anda. Dengan demikian, citra perusahaan pun tidak akan mengalami risiko buruk akibat salah memilih influencer.
4. Pilih Penggunaan Hashtag yang Relevan
Salah satu cara agar calon konsumen mudah menemukan produk AMDK Anda adalah dengan penggunaan hashtag. Pastikan menggunakan hashtag (tagar) yang relevan, unik, dan populer. Kombinasi ini akan membuat orang mudah menemukan apa yang mereka cari.
Jangan lupa juga menciptakan tagar khas yang menggambarkan citra produk air minum kemasan tersebut. Untuk mempopulerkan hashtag tersebut, Anda bisa membuat event yang telah ada pada pembahasan sebelumnya.
5. Buat Deskripsi yang Informatif
Salah satu cara pemasaran air minum dalam kemasan yang memanfaatkan TikTok adalah dengan membuat deskripsi informatif mengenai suatu konten. Membuat kombinasi antara deskripsi dan tanda pagar (tagar) membuat konten memiliki visibilitas tinggi.
6. Manfaatkan Fitur Secara Optimal
Keuntungan dari strategi pemasaran online AMDK melalui TikTok ini adalah adanya banyak fitur yang bisa mendukung konten video jadi semakin menarik. Beberapa di antaranya adalah filter, efek, beautify, hingga musik.
Manfaatkan semua fitur yang perlu untuk membuat konten promo air minum dalam kemasan tersebut menjadi lebih menarik. Namun gunakan seperlunya dan secara bijak. Hindarkan konten menjadi terlalu berlebihan dan tidak sesuai dengan perusahaan.
Contoh Konten Pemasaran AMDK Menggunakan Media TikTok
Anda memutuskan menggunakan TikTok sebagai salah satu strategi pemasaran online AMDK? Berikut ini ada beberapa ide konten yang bisa Anda terapkan.
- Edukasi manfaat mengkonsumsi AMDK, yaitu dari segi kepraktisan, kandungan mineral, dampak kesehatan, serta gaya hidup. Buat video berisi daftar tersebut dengan latar musik yang sedang tren di TikTok.
- Posting konten dengan tema yang sedang tren.
- Buatlah tantangan hashtag, yaitu dengan meminta followers membuat konten kreatif yang melibatkan produk AMDK Anda. Pada postingan tersebut, ajak followers menggunakan hashtag khusus dari Anda. Persiapkan hadiah menarik untuk pemenang. Dengan demikian, orang akan membeli air minum kemasan Anda untuk membuat videonya.
Beberapa contoh di atas dapat Anda terapkan untuk membuat konten yang lebih variatif. Jadi, buatlah jadwal bergantian antara konten tren, edukasi, lucu, dan giveaway.
Penerapan strategi pemasaran online AMDK melalui TikTok yang tepat dan konsisten akan membuat brand awareness terhadap produk AMDK Anda meningkat. Jadi, selamat menjangkau generasi Z lewat media sosial ini.