Facebook masih menjadi salah satu media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia. Tercatat lebih dari 150 juta orang adalah pengguna yang aktif, dan angka ini masih terus meningkat. Bayangkan pengaruhnya dalam bisnis jika Anda memanfaatkannya dalam strategi Facebook marketing AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) untuk meningkatkan penjualan.
Media sosial ini menyediakan segala fasilitas untuk melakukan kegiatan pemasaran. Anda bisa memanfaatkan halaman Facebook untuk membuat profil bisnis dan sebagai alat komunikasi dengan klien atau menarik pengunjung. Untuk itu, mari simak manfaat Facebook marketing dan cara penggunaannya.
Table of Contents
Manfaat Utama Strategi Facebook Marketing AMDK untuk Meningkatkan Penjualan
Facebook Marketing berarti melakukan kegiatan pemasaran menggunakan semua alat yang disediakan oleh Facebook. Tujuannya untuk menjalin hubungan yang lebih erat dengan pelanggan, mendapatkan klien baru, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan. Hal ini bisa di lakukan juga untuk strategi marketing di bisnis Air minum dalam kemasan.
Berikut adalah manfaat menggunakan FB marketing untuk bisnis:
Jangkauan yang lebih luas
Baik ingin memaksimalkan pasar lokal maupun go internasional, semua bisa Anda lakukan dengan cara marketing di Facebook. Ada lebih dari 150 juta akun Facebook di Indonesia. Jumlah ini sudah sangat besar jika semua menjadi pengunjung halaman bisnis Anda.
Facebook marketing menawarkan beberapa alat pemasaran berupa halaman, grup, dan iklan. Halaman adalah cara untuk merepresentasikan bisnis. Grup bisa Anda pakai untuk promosi produk maupun kegiatan pabrik. Pengunjung dapat menjadi anggota grup, berkomentar, dan melakukan interaksi melalui forum diskusi.
Strategi pemasaran Facebook dengan memakai iklan telah berkembang dan menjadi sangat populer bagi bisnis online. Facebook memiliki data demografis dari semua penggunanya. Maka, perencanaan iklan bertujuan untuk menargetkan pengguna sesuai dengan demografi yang Anda inginkan.
Bayangkan bisnis anda bisa menjangkau dunia, khususnya di indonesia, maka berikan tampilan – tampilan yang menarik di halaman facebook anda agar banyak para pengguna menjadi pelanggan potensial anda. Berikan gambar pabrik air minum dalam kemasan milik anda semenarik mungkin.
Berbiaya Rendah
Halaman Facebook dapat dibuat tanpa biaya. Anda dapat mengunggah segala jenis konten pada halaman Facebook. Ini adalah cara promosi di facebook gratis yang dapat dilakukan dengan cara menampilkan semua informasi tentang produk, semuanya tanpa biaya.
Biaya pemasangan iklan pada Facebook marketing cukup ramah di kantong. Anda baru dikenakan biaya per seribu tayangan untuk metode CPM (Cost Per Million). Apabila memilih metode CPC (Cost Per Click), maka Facebook akan mengenakan tarif per klik.
Kelebihan facebook marketing adalah Anda dapat menetapkan batas dalam memasang iklan. Anda bisa menentukan batas nominal biaya iklan dalam sehari. Hal ini membantu Anda menghindari pengeluaran yang melebihi anggaran. Sehingga kita bisa mengelola seberapa besar budget kita untuk biaya iklan tersebut, jangan sampai biaya iklan besar namun tidak ada order yang masuk.
Mampu Menargetkan Pelanggan Potensial
Iklan Facebook marketing memungkinkan Anda memasang target berdasarkan demografi pelanggan. Misalnya, target konsumen Anda adalah kaum muda milenial, maka Anda dapat memilih demografi sesuai sasaran. Berusia di bawah 35 tahun, gaya hidup modern dari kelas menengah, dan tinggal di kota besar.
Dengan mempunyai pelanggan yang tertarget biaya iklan yang kita keluarkan tidak akan sia sia, sehingga kita bisa mengatur para klien klien potensial yang memang ingin mengikuti bisnis kita, bisa kita arahkan dengan produk potensial yang kita miliki seperti bisnis air minum dalam kemasan ini.
Meraih Pelanggan yang Loyal
Anda dapat melakukan interaksi yang intens dengan target. Facebook memberikan kemudahan dalam menanggapi komentar pengunjung. Respon yang cepat akan menunjukkan bahwa Anda menaruh perhatian dan memberikan dukungan kepada pengunjung.
Jika pengunjung tertarik melihat sikap Anda yang responsif terhadap berbagai macam pertanyaan, maka tinggal selangkah lagi untuk menjadikan pengunjung sebagai pelanggan setia bagi bisnis Anda.
Kinerja yang Terukur
Setiap iklan yang Anda buat di Facebook dapat diukur. Hasil pengukuran ini memberikan gambaran tentang kinerja, termasuk demografi iklan. Demografi berisi informasi tentang pengguna, data perbandingan dengan saluran iklan lain, serta data daerah yang tidak menginginkan munculnya iklan Anda
Pengelola iklan memungkinkan Anda mendapat pandangan usia pengunjung, jenis kelamin, wilayah, hingga tindakan audiens saat melihat iklan tersebut.
Hal ini memudahkan untuk klien ataupun pebisnis pabrik air minum dalam kemasan untuk mendirikan pabriknya atau usahanya, sehingga ketika membangun bisnis tersebut tepat sasaran dan tujuan.
Setelah mengetahui keuntungan Facebook Marketing, sekarang saatnya untuk mengetahui teknik yang terbaik untuk meningkatkan kekuatan merek Anda.
pelajari caranya lewat artikel berikut ini.
3 Strategi Facebook Marketing AMDK yang Utama
Facebook adalah platform media sosial paling populer dengan lebih dari satu miliar penggunanya di seluruh dunia. Ini merupakan peluang yang bagus untuk memasarkan produk air minum dalam kemasan. Meski demikian Anda memerlukan strategi pemasaran yang baik jika ingin bisnis menonjol di antara yang lain. Simak caranya!
Menentukan Tujuan
Langkah pertama dalam strategi adalah menetapkan apa tujuan dari facebook marketing. Hasil apa yang ingin Anda capai? Apakah ingin membangun brand awareness, meningkatkan trafik situs web, atau meningkatkan hubungan dengan pelanggan?
Setelah menentukan tujuan, maka Anda dapat menyesuaikan cara pemasaran di Facebook. Menetapkan tujuan sangatlah penting karena strategi ini sifatnya spesifik, tidak ada satu teknik yang cocok untuk semua tujuan. Anda harus menetapkan tujuan pemasaran yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan tepat waktu.
Suatu misal, jika ingin meningkatkan brand awareness, tentu strategi yang Anda lakukan adalah bagaimana mendapatkan dua ribu pengikut dalam waktu tiga bulan. Contoh di atas adalah tujuan pemasaran yang spesifik, dapat dilacak dan diukur, realistis, dan memiliki batas waktu.
Menentukan Target Pengunjung
Anda harus menjangkau orang yang tepat agar pemasaran berhasil. Itulah mengapa strategi mendapatkan target pengunjung yang tepat menjadi poin penting. Apapun targetnya, Anda hanya perlu tahu cara menemukannya. Bagaimana cara membuat Facebook marketing untuk membangun pengunjung?
- Menentukan pengunjung khusus
Facebook dapat membantu Anda membuat pengunjung khusus melalui daftar pilihan. Opsi ini bergantung pada informasi yang sudah Anda miliki untuk target pengunjung, seperti nama, nomor telepon, dan/atau alamat email.
- Menghasilkan pengunjung serupa
Facebook akan menggunakan informasi dan menghasilkan data pengunjung serupa yang mirip dengan klien Anda saat ini. Data ini sangat penting jika Anda hanya ingin menargetkan pelanggan dengan demografi tertentu.
- Menargetkan pengunjung
Facebook juga menawarkan opsi lain seperti penargetan orang-orang yang telah mengunjungi situs web dan yang sebelumnya pernah berinteraksi dengan media sosial Anda, dan banyak lagi. Opsi ini bagus jika Anda sudah punya banyak interaksi dan ingin mengubah follower Anda menjadi pelanggan.
- Mempersempit pengunjung
Menjangkau sebanyak mungkin pengguna Facebook terdengar bagus, tetapi Anda harus selalu menyaring pengunjung agar mendapatkan pelanggan yang paling memenuhi syarat. Hal ini terutama berlaku untuk pabrik air minum kemasan yang hanya melayani area lokal.
Anda dapat mempersempit audiens Anda dengan mengklik tombol “Narrow Audience.” Cara ini memang bagus untuk mendapatkan pemirsa tertarget, namun risikonya adalah iklan Anda akan dilihat oleh orang yang sama berulang kali tanpa menjangkau orang baru.
- Retargeting atau penargetan ulang
Facebook akan menayangkan iklan kepada orang-orang yang telah mengunjungi situs web Anda tanpa melakukan pembelian. Meski pengunjungnya lebih kecil dibanding cara lain di atas, namun melakukan target ulang terkenal sangat efektif.
Hal ini disebabkan karena hampir seratus persen pengunjung sudah mengenal merek Anda dan menunjukkan minatnya. Penargetan ulang adalah cara untuk mengubah semua pengunjung tersebut menjadi pelanggan Anda.
Menetapkan Budget
Anda mungkin harus menyediakan sejumlah dana untuk posting dan pemasangan iklan agar meraih banyak pengikut. Membayar iklan akan membuat Facebook menghadirkan halaman Anda di hadapan orang-orang yang belum pernah mendengar bisnis Anda. Hal ini akan menambah jumlah pengikut secara signifikan.
Facebook Marketing bertujuan untuk meningkatkan jumlah pengikut. Memiliki banyak pengikut sangat bermanfaat bagi perusahaan. Jumlah pengikut mengarah pada peningkatan reputasi dan membuat perusahaan Anda tampak lebih dapat dipercaya oleh calon konsumen.